PT. Camar Indah Jaya Perkasa

card reader adalah

Card Reader: Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis-Jenisnya

Di masyarakat umum, card reader adalah pembaca kartu memori, tapi ada teknologi dengan nama serupa yang memiliki fungsi lain, yakni sebagai access control dari suatu fasilitas industri atau perkantoran. 

Card reader access control sering kali disamaartikan dengan smartlock, padahal kedua teknologi ini berbeda. Card reader access control memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi, berbeda dengan smartlock yang rawan terkena serangan siber. Bagi Anda yang masih asing dengan istilah card reader, simak artikel ini sampai akhir.

Pengertian Card Reader

Card reader adalah salah satu bagian integral dari sistem access control. Card reader mampu membaca kredensial pada kartu atau token. Jika kredensial tersebut sesuai, maka sistem akan memberikan akses pada pemegang kartu atau token tersebut.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, fungsi card reader adalah untuk meningkatkan keamanan suatu fasilitas. Seseorang yang memiliki izin akan diberikan sebuah kartu yang dapat digunakan untuk mengakses suatu fasilitas tertentu dalam perusahaan. Sebaliknya, seseorang yang tidak memiliki kartu akses tidak akan bisa menggunakan atau memasuki fasilitas tersebut.

Cara Kerja Card Reader

Secara sederhana, cara kerja card reader adalah dengan membaca kredensial pengguna di dalam kartu atau token, lalu apabila kredensial tersebut sesuai, maka sistem akan memberikan akses. Di dalam kartu atau token terdapat teknologi RFID (Radio Frequency Identification) atau NFC (Near-Field Communication).

Kedua teknologi tersebut akan dapat dibaca oleh card reader apabila sudah mencapai radius deteksinya. Medan elektromagnetik yang dipancarkan card reader akan dapat menghidupkan sirkuit pada kartu akses sehingga dapat membuatnya mengirim data pada card reader. Kemudian, data yang diterima tersebut akan dikirim oleh card reader ke sistem access control. 

Sistem access control kemudian akan melakukan verifikasi data. Apabila data yang diterima sesuai, maka fasilitas tersebut akan dapat dimasuki atau digunakan. Begitu pula sebaliknya, apabila data yang diverifikasi tidak sesuai atau tidak sah, maka pengguna kartu akses tersebut tidak akan bisa masuk atau mengakses fasilitas.

Baca juga: Tips Memilih CCTV yang Tepat untuk Bisnis Anda 

Jenis-Jenis Card Reader

Meski memiliki penampilan yang serupa, nyatanya ada beberapa jenis card reader yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan keamanan fasilitas di perusahaan. Adapun jenis-jenis card reader adalah sebagai berikut.

1. Wired Proximity Readers

Salah satu jenis paling umum dari card reader adalah wired proximity readers. Jenis ini mendukung beberapa kombinasi dari format RFID, NFC, atau Bluetooth. Selain itu, jenis card reader ini juga kompatibel dengan hampir semua sistem acces control karena menggunakan protokol Wiegand yang sudah ada sejak tahun 1974. Protokol Wiegand sendiri cukup rentan untuk dibobol karena umurnya yang sudah tua. 

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan end-to-end encryption guna melindungi protokol tersebut dari peretasan maupun eksploitasi pihak luar. 

2. Wireless Proximity Readers

Sama seperti namanya, penggunaan card reader ini sudah tidak memerlukan kabel. Untuk sumber energinya, wireless proximity readers mengandalkan daya dari baterai. Maka dari itu, penting untuk memastikan persentase daya baterai tersebut selalu penuh agar card reader bisa berfungsi. 

Pada umumnya, wireless proximity readers akan terhubung ke wireless repeater untuk mengirim data ke panel kontrol pusat. Card reader jenis ini sering kali digunakan untuk menjaga keamanan sebuah hotel atau apartemen mewah.

3. Standalone Proximity Readers

Pada umumnya, jenis card reader ini digunakan sebagai smartlock karena tidak dapat terhubung dengan panel access control. Untuk pemasangannya, Anda harus melakukannya secara satu persatu pada setiap fasilitas yang hendak dipasang. Selain itu, Anda juga perlu memprogram masing-masing standalone proximity readers tersebut agar bisa berfungsi dengan baik.

Card reader jenis ini cocok digunakan pada fasilitas yang tidak mempunyai banyak akses masuk ataupun untuk rumah hunian. Memasang smartlock di rumah hunian dapat memberikan kemudahan akses serta meningkatkan keamanannya.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Vanderbilt Bluetooth Low Energy Readers

4. IP-Connected Proximity Readers

Jika dibandingkan dengan beberapa jenis sebelumnya, jenis tercanggih dari card reader adalah IP-connected proximity readers. Jenis ini memiliki sistem keamanan yang otomatis dan fleksibel karena dapat terhubung melalui ethernet dan diintegrasikan ke dalam sistem IT pada perusahaan Anda.

Jenis ini juga lebih aman dan sulit untuk disadap pihak luar karena tidak terhubung secara langsung dengan acces control. Meski begitu, jenis ini tetap membutuhkan enkripsi tingkat tinggi dan memenuhi standar keamanan siber yang ketat guna memastikan keamanan fasilitas dan data perusahaan Anda.

Itulah beberapa informasi mengenai card reader yang perlu Anda ketahui. Card reader adalah salah satu jenis access control yang bisa Anda gunakan untuk menjamin keamanan fasilitas penting di kantor Anda. Jika Anda tertarik untuk memasang access control, maka Anda bisa mengandalkan PT Camar Indah Jaya Perkasa.

PT Camar Indah Jaya Perkasa menyediakan berbagai jenis access control, mulai dari card reader, face reader, iris reader, hingga fingerprint reader yang bisa membantu Anda untuk menjaga keamanan fasilitas maupun sistem informasi perusahaan. Anda bisa langsung melihat produk-produknya di katalog access control ini. 

Jika memiliki pertanyaan seputar produk maupun konsultasi, langsung saja hubungi layanan jasa kami. Jadi tunggu apalagi? Ayo perkuat keamanan perusahaan Anda bersama PT Camar Indah Jaya Perkasa.

Baca juga: Sistem Akses Kontrol untuk Ruang Server dan Pusat Data

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam