PT. Camar Indah Jaya Perkasa

software absensi cloud

Software Absensi Cloud: Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Saat ini, access control bukanlah satu-satunya teknologi yang berkembang di perusahaan. Salah satu teknologi masa kini lainnya yang banyak dimanfaatkan oleh perusahaan, khususnya para HR adalah software absensi cloud.

Aplikasi absensi karyawan sangat memudahkan pekerjaan para HR di perusahaan dalam mengelola data absensi karyawan. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai software absensi cloud, simak penjelasannya di artikel ini.

Pengertian Software Absensi Cloud

Software absensi cloud adalah sistem pencatatan kehadiran karyawan di perusahaan secara online melalui perangkat digital (handphone atau komputer). Sistem pencatatan tersebut memanfaatkan aplikasi atau platform yang telah dihubungkan dengan database yang ada di cloud.

Sederhananya, aplikasi absensi karyawan tersebut menggunakan sebuah sistem yang disebut dengan sistem cloud.

Sistem cloud atau cloud computing adalah sistem yang memiliki fungsi untuk menjalankan aplikasi atau program melalui komputer. Sistem tersebut merupakan bentuk gabungan dari pemanfaatan dan pengembangan teknologi komputer yang berbasis internet.

Cloud computing adalah sistem yang sangat sesuai dijalankan untuk kebutuhan perusahaan karena memudahkan dalam menyimpan dan mengolah data karyawan, seperti cloud time attendance. Nantinya, data tersebut bisa diakses secara real-time oleh para karyawan dengan jaringan internet.

Kelebihan Software Absensi Cloud

Teknologi software absensi cloud memberikan banyak keuntungan, baik bagi perusahaan maupun karyawan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan sistem akses kontrol berbasis cloud pada aplikasi absensi karyawan.

1. Akses Data yang Mudah

Software absensi cloud dapat diakses dengan mudah di manapun dan kapanpun asalkan terhubung dengan jaringan internet. Dengan memasang aplikasi absensi karyawan ini di perangkat digital, maka cloud time attendance bisa dilakukan di manapun secara akurat dan praktis.

Software absensi cloud akan menyajikan data secara real-time atau setiap saat. Bagi para HR, hal ini tentu sangat membantu apabila sedang memerlukan data sewaktu-waktu sehingga tidak perlu menunggu rekapitulasi data dalam periode tertentu. Software absensi cloud juga dapat membantu para HR dalam mengelola cloud time attendance karyawan dalam waktu singkat.

2. Sistem Keamanan yang tinggi

Sistem cloud atau cloud computing adalah sistem yang dapat mendeteksi adanya potensi kecurangan sehingga keamanan data dalam sistem ini lebih terjamin. Secara umum, data-data akan masuk ke sistem cloud yang sudah terenkripsi. 

Selain itu, software absensi cloud akan melakukan back up data secara real-time kemudian menyimpannya pada beberapa server untuk menghindari risiko hilangnya data. Dengan kemampuan tersebut, software absensi cloud meminimalisasi terjadinya kecurangan atau manipulasi data.

3. Produktivitas Meningkat

Software absensi cloud membantu pengerjaan rekapitulasi data menjadi lebih mudah karena sudah dilakukan oleh program atau aplikasinya. Oleh karena itu, para HR dapat memperoleh data yang diperlukan dalam waktu singkat. 

Data-data yang dimaksud adalah data cuti, jumlah hari kerja karyawan per bulan, data karyawan sakit, dan lain sebagainya. Hal ini tentunya sangat meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan kinerja para HR karena aksesnya yang mudah.

4. Memiliki Efisiensi yang tinggi

Data yang disajikan dalam software absensi cloud sangat detail sehingga memudahkan HR dalam melihat kinerja karyawan. Selain itu, HR juga dapat melakukan pemantauan terhadap gaji, tunjangan karyawan, dan aset perusahaan (kendaraan dinas). Tidak hanya bermanfaat bagi HR, karyawan juga bisa melihat riwayat kinerjanya dan mengajukan permohonan izin cuti dengan lebih praktis.

5. Menghemat Biaya

Penggunaan software absensi cloud dapat menekan biaya operasional perusahaan karena tidak perlu membeli hardware. Sistem cloud ini hanya memerlukan jaringan internet yang stabil. Bahkan, perusahaan juga tidak perlu mengeluarkan biaya pemasangan, maintenance, dan pengelolaan sehingga pengeluaran perusahaan lebih terkontrol.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Vanderbilt Bluetooth Pembaca Energi Rendah

Kekurangan Software Absensi Cloud

Selain beberapa kelebihan di atas, software absensi cloud juga memiliki beberapa kekurangan. Adapun beberapa kekurangan aplikasi absensi karyawan adalah sebagai berikut.

1. Error Pada Sistem

Risiko terjadinya error pada sistem cloud dapat mengakibatkan kegagalan rekaman pada catatan kehadiran karyawan. Hal ini tentu akan merugikan bagi para karyawan jika catatan kehadirannya tidak terekam karena bisa berpengaruh pada upah yang akan diterima nantinya.

Selain karyawan, para HR juga tidak bisa mendapatkan data karyawan secara real-time jika software absensi cloud mengalami error. Oleh karena itu, perusahaan harus mencari alternatif solusi yang tepat bagi permasalahan ini agar error pada sistem cloud bisa diperbaiki.

2. Harus terhubung Koneksi Internet

Software absensi cloud sangat bergantung ada jaringan internet. Oleh karena itu, koneksi internet harus selalu stabil agar dapat mengakses software absensi cloud dengan lancar.  Apabila koneksi internet yang dimiliki buruk, maka kehadiran tidak akan tercatat oleh aplikasi.

3. Sangat Bergantung Pada Perangkat Digital Masing-Masing

Selain harus selalu terhubung dengan koneksi internet yang stabil, perangkat digital yang digunakan pun harus compatible dengan aplikasi absensi karyawan ini. Jka perangkat digital yang dimiliki tidak mendukung software absensi cloud, maka Anda tidak bisa melakukan pencatatan kehadiran ataupun mengakses data kehadiran di sistem cloud.

Baca juga: Sistem Akses Kontrol untuk Ruang Server dan Pusat Data

Fitur-Fitur dalam Software Absensi Cloud

Secara umum, fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi absensi karyawan adalah sebagai berikut.

  • Time off, memudahkan karyawan melakukan pengajuan permohonan cuti. Perusahaan juga bisa mencatat data cuti, mengontrol approval, dan menghitung produktivitas karyawan.
  • Clock-in dan clock out, dapat mencatat kehadiran karyawan dengan mudah dan perusahaan juga bisa memperoleh data terkait jam kerja karyawan secara rinci.
  • Payroll, fitur ini memudahkan perusahaan menghitung upah karyawan yang didasarkan pada jumlah kehadiran sehingga meminimalisasi terjadinya kesalahan hitung.
  • Reporting, fitur ini membuat perusahaan bisa mendapatkan laporan lengkap, baik jam kerja maupun kehadiran karyawan.

Nah, itulah penjelasan lengkap seputar software absensi cloud yang perlu Anda ketahui. Dengan software absensi cloud, para HR dapat lebih mudah dalam mengelola data kehadiran karyawan karena tidak memakan banyak waktu.

Demi meningkatkan kemudahan pengelolaan data karyawan di perusahaan, sangat disarankan untuk memasang aplikasi absensi karyawan berbasis cloud. Jika Anda ingin memasang sistem access control lainnya untuk perusahaan Anda, maka PT Camar Indah Jaya Perkasa adalah solusi yang tepat. 

PT Camar Indah Jaya Perkasa menyediakan layanan manajemen dan teknisi yang akan membantu Anda dalam memasang software absensi cloud dengan mudah. Jadi tunggu apalagi? Keamanan Anda Prioritas Kami! Segera hubungi dan konsultasikan secara gratis dengan tim kami sekarang juga lewat WhatsApp resmi PT Camar Indah Jaya Perkasa.

Baca juga: Memahami Keunggulan Sistem Videowall dalam Komunikasi Visual

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam