PT. Camar Indah Jaya Perkasa

solar panel adalah

Solar Panel: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Solar panel adalah perangkat yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik melalui proses fotovoltaik. Teknologi ini menawarkan solusi inovatif untuk kebutuhan energi yang ramah lingkungan. 

Kemampuan solar panel untuk menghasilkan listrik secara langsung dari sinar matahari dapat membantu mengurangi ketergantungan pada sumber energi lain, seperti batubara dan gas alam. Hal ini pun berujung pada pemanfaatan solar panel dalam penghematan energi untuk jangka panjang.

Oleh karena itu, mari pahami lebih dalam tentang solar panel, mulai dari pengertian, jenis-jenisnya, cara kerjanya, hingga manfaatnya di artikel ini!

Pengertian Solar Panel

Solar panel adalah perangkat yang dapat mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Panel ini memanfaatkan sel-sel fotovoltaik yang terbuat dari bahan semikonduktor, seperti silikon. Saat sinar matahari mengenai sel-sel tersebut, efek fotovoltaik menghasilkan arus listrik.

Selain itu, solar panel adalah perangkat yang banyak digunakan sebagai sumber energi bersih dan berkelanjutan. Solar panel biasanya dipasang di atap bangunan, di lahan terbuka, atau bahkan di atas kendaraan, seperti kapal dan mobil listrik.

Energi yang dihasilkan dari sistem pembangkit listrik tenaga surya ini biasanya digunakan langsung untuk kebutuhan rumah tangga, bangunan, atau disimpan dalam baterai agar bisa digunakan saat matahari tidak bersinar.

Jenis-Jenis Solar Panel

Panel surya hadir dalam berbagai jenis dan masing-masing cocok untuk kebutuhan serta kondisi yang berbeda. Memilih jenis panel surya yang tepat sangatlah penting untuk memaksimalkan manfaat energi matahari bagi kebutuhan Anda. Adapun beberapa jenis solar panel adalah sebagai berikut.

1. Monocrystalline Silicon

Monocrystalline silicon adalah salah satu jenis panel surya yang paling populer dan banyak digunakan. Panel ini memiliki keunggulan berupa efisiensi tinggi dan umur pakai yang panjang. 

Sel surya pada panel ini terbuat dari kristal silikon murni yang diiris tipis dan berbentuk bundar. Disebut sebagai monokristalin karena menggunakan silikon kristal tunggal.

Panel surya monokristalin memiliki efisiensi energi yang mencapai lebih dari 20%, yang mana jauh lebih tinggi dibandingkan jenis lainnya. Hal ini berarti solar panel monokristalin  mampu menghasilkan energi listrik lebih baik dengan area yang lebih kecil. 

Keunggulan ini menjadikan panel surya monokristalin sebagai pilihan ideal untuk menghasilkan energi ramah lingkungan dengan efisiensi tinggi. Namun, panel surya monokristalin juga memiliki harga yang paling mahal dibandingkan jenis lainnya.

Baca juga: Panduan Memilih Panel Surya yang Tepat

2. Polycrystalline Silicon

Solar panel polycrystalline terbuat dari silikon kristal yang dilebur dan dituang ke dalam cetakan persegi. Kelebihannya terletak pada susunannya yang rapi dan rapat dengan ciri khas retakan atau fragmen pada sel suryanya. Seperti namanya, panel ini tersusun dari banyak fragmen kristal silikon.

Efisiensi energi panel surya polycrystalline mencapai 17%, lebih rendah dibandingkan panel surya monokristalin. Namun, panel ini banyak diminati karena harganya yang lebih terjangkau. Panel surya polycrystalline menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mencari solusi penghematan energi ramah lingkungan.

3. The Film Solar Cell

Jenis solar panel the film solar cell disebut thin film karena menggunakan sel surya yang sangat tipis, hanya sekitar 10 nm. Jenis ini jauh lebih tipis dibandingkan tipe crystalline silicon yang berukuran 200-300 nm. Lapisan tipis ini dilapiskan pada permukaan, seperti kaca, plastik, atau logam.

Keunggulan utama solar panel tipis adalah bobotnya yang ringan dan fleksibilitasnya tinggi. Panel ini pun tidak mengalami penurunan performa saat temperatur tinggi, berbeda dengan jenis solar panel lainnya. Namun, panel surya tipis memiliki kelemahan dalam hal konversi efisiensi energinya yang masih rendah, yaitu hanya sekitar 10%.

Cara Kerja Solar Panel

Panel surya bekerja dengan mengubah energi matahari menjadi energi listrik melalui efek fotovoltaik. Adapun cara kerja dari solar panel adalah sebagai berikut:

  1. Sinar matahari ditangkap oleh lapisan penangkap cahaya di atas panel surya.
  2. Foton dari sinar matahari mengenai sel surya, sehingga melepaskan elektron dari atom dalam bahan semikonduktor. Bahan semikonduktor ini biasanya terbuat dari silikon yang memiliki dua lapisan dengan muatan berbeda.
  3. Elektron yang terlepas diarahkan oleh medan listrik ke lapisan bawah sel surya dan menciptakan perbedaan antara kedua muatan.
  4. Kabel yang terhubung ke sel surya menyalurkan arus listrik ke baterai atau sistem lainnya untuk disimpan atau digunakan.
  5. Arus listrik yang dihasilkan adalah arus searah (DC). Untuk keperluan rumah tangga atau perangkat elektronik, arus ini perlu diubah menjadi arus bolak-balik (AC) menggunakan inverter.

Baca juga: Sistem Akses Kontrol untuk Ruang Server dan Pusat Data 

Manfaat Solar Panel

Panel surya menawarkan berbagai manfaat sehingga menjadikannya solusi untuk kebutuhan energi di masa depan yang berkelanjutan. Adapun beberapa manfaat utama panel surya adalah sebagai berikut:

1. Ramah Lingkungan

Manfaat dari penggunaan solar panel yang pertama adalah lebih ramah lingkungan. Penggunaan pembangkit listrik tenaga surya membantu menjaga kelestarian alam karena sumber energinya yang ramah lingkungan dan selalu tersedia. Oleh karena itu, penggunaannya tidak berdampak buruk pada lingkungan hingga merusaknya.

2. Mudah Diterapkan

Manfaat berikutnya dari penggunaan solar panel adalah mudah diterapkan. Indonesia adalah negara tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun sehingga sangat cocok untuk penerapan panel surya. Hal inilah yang menyebabkan sistem panel surya mudah diterapkan di setiap rumah dan menjadi pembangkit listrik mandiri bagi masyarakat.

3. Penghematan Dana

Manfaat terakhir dari penggunaan solar panel adalah penghematan dana. Menggunakan listrik sesuai kebutuhan akan berdampak pada kenaikan konsumsi listrik. Hal ini kemudian memengaruhi kondisi keuangan karena memerlukan dana besar untuk membayar tagihan listrik. Oleh karena itu, pemasangan solar panel di rumah dapat mengurangi tagihan listrik hingga 50%.

Itulah informasi lengkap mengenai panel surya yang perlu Anda ketahui. Teknologi ini menawarkan efisiensi, penghematan biaya, dan kontribusinya terhadap kelestarian lingkungan. Lalu, bagi Anda yang ingin merasakan manfaat panel surya secara langsung, kami punya solusinya.

Langsung saja kunjungi katalog kami dan temukan produk panel surya terbaik yang sesuai kebutuhan Anda. Jangan ragu berkonsultasi dengan tim ahli kami untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai layanan pemasangan panel surya yang aman dan tepercaya. 

Ayo, hubungi kami untuk memulai konsultasi gratis Anda sekarang juga!

Baca juga: Kemudahan Akses dengan Teknologi Smartlock

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam