PT. Camar Indah Jaya Perkasa

keunggulan access control berbasis cloud

Keunggulan Sistem Access Control Berbasis Cloud

Access control cloud merupakan salah satu sistem keamanan yang saat ini sudah banyak digunakan mulai dari gedung komersial hingga perusahaan. Sistem ini dilengkapi dengan tim IT dan keamanan lebih baik untuk mengelola akses gedung dan menanggapi keadaan darurat dengan cepat.

Dibandingkan sistem kontrol akses lokal, penggunaan cloud dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk memelihara hardware. Selain itu, solusi cloud seringkali menyertakan dan memungkinkan integrasi yang kuat dengan perangkat lunak. Dengan solusi semacam ini, maka tim IT dan keamanan dapat memantau seluruh software mereka dari satu panel kaca.

Dalam artikel ini Anda akan diajak untuk membahas apa saja keunggulan yang ada pada sistem access control berbasis cloud dan mengapa sistem ini menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan keamanan bisnis.

Apa Itu Access Control Cloud?

Sistem kontrol berbasis cloud adalah solusi keamanan yang memberdayakan pengelola properti untuk mengelola gerbang dan pintu melalui perangkat yang terhubung internet. Tidak seperti sistem akses kontrol tradisional, cloud-based access control ini menyimpan data software-nya di cloud, bukan melalui server di properti itu sendiri.

Cloud computing sendiri merupakan model yang memungkinkan akses jadi lebih mudah, praktis, dan sesuai permintaan ke kumpulan sumber daya computing yang dapat dikonfigurasi tanpa interaksi pengguna. Solusi teknologi ini memungkinkan perusahaan mengelola sistem keamanan mereka dari satu lokasi terpusat, sehingga mengurangi kebutuhan akan sumber daya tambahan.

Solusi ini juga memungkinkan tim keamanan mengelola fungsi keamanan fisik mereka dari jarak jauh, seperti akses pintu, sambil menerima alarm dan kejadian verifikasi video secara real-time.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Access Control Bantu Tingkatkan Keamanan Bisnis Anda

Keunggulan Sistem Akses Kontrol Berbasis Cloud

Bagi Anda yang masih menggunakan sistem access control tradisional, sudah saatnya beralih ke sistem berbasis cloud. Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan keamanan bisnis Anda. Berikut adalah beberapa kelebihan yang harus Anda ketahui.

1. Pusat Hosting Berada di Luar Situs

Dalam sistem berbasis cloud, lokasi yang menjadi tempat data Anda dihosting dan disimpan tidak akan pernah mati. Memiliki server fisik di gedung tentu saja sangat mahal, memakan waktu, dan butuh perawatan berkelajutan. Namun, dengan solusi berbasis cloud ini Anda akan merasa nyaman karena perawatan dan pemutakhiran dilakukan secara otomatis.

2. Peningkatan Fleksibilitas

Dengan akses berbasis cloud, Anda dapat mengelola izin dan memperbarui sistem dari jarak jauh, dan semuanya dari satu platform. Apakah di perusahaan Anda mengalami pergantian karyawan yang tinggi, atau bisnis Anda sedang gencar merekrut karyawan baru. Apapun itu, access control berbasis cloud ini memberi Anda fleksibilitas yang lebih besar. Selain itu, sistem ini juga sangat cocok untuk bisnis dengan banyak lokasi.

3. Perlindungan dan Pencadangan Data

Pusat hosting yang menyimpan perangkat lunak Anda secara otomatis akan memperbarui dan mencadangkannya, sehingga Anda akan selalu memiliki akses ke data terkini. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir server internal akan rusak. Sementara jika server internal mati dan Anda belum mencadangkannya, Anda mungkin akan kehilangan data berharga.

Pusat data juga dilengkapi dengan redundansi, yang akan memastikan data Anda dicadangkan di beberapa lokasi jika ada file yang rusak atau perlu dipulihkan.

4. Skalabilitas Untuk Perusahaan

Solusi ini mengakomodasi kebutuhan akses yang terus berkembang, baik saat menambahkan pengguna, lokasi, atau fungsi, sistemnya dapat beradaptasi tanpa mengorbankan kinerja. Dengan kata lain, sistemnya memungkinkan perluasan yang lancar seiring pertumbuhan organisasi.

Sementara skalabilitas meminimalkan kebutuhan perbaikan secara menyeluruh, sehingga menghemat waktu dan biaya. Perusahaan dan organisasi besar lainnya juga mendapatkan platform terpadu untuk mengelola berbagai persyaratan akses, sehingga menyederhanakan administrasi. Skalabilitas ini akan memastikan kelangsungan jangka panjang, pemanfaatan sumber daya yang efisien, dan langkah-langkah keamanan yang konsisten.

5. Fitur yang Mudah Disesuaikan

Sistem access control cloud ini mudah disesuaikan dengan kebutuhan properti Anda dan seringkali dilengkapi beberapa fitur dinamis, seperti: peran dan izin pengguna khusus, penguncian darurat, pelaporan dan analitik yang kuat untuk membantu dalam pengambilan keputusan dan mengidentifikasi tren.

6. Dukungan Jarak Jauh

Salah satu biaya dan kendala terbesar dari kontrol akses lokal adalah kurangnya dukungan dari penyedia. Baik ketika Anda hanya butuh bantuan untuk menyesuaikan izin pengguna atau seluruh sistem Anda gagal, penyedia Anda mungkin dapat membantu tanpa harus mengunjungi gedung.

Sedangkan kontrol akses lokal tidak mendapat dukungan jarak jauh dan tangguh yang ditawarkan oleh sistem berbasis cloud. Jika sistem kontrol akses tradisional Anda mengalami masalah, kemungkinan besar Anda harus memanggil teknisi untuk datang ke lokasi dan memperbaikinya.

7. Potensi Pertumbuhan

Sistem berbasis cloud memudahkan perusahaan untuk berkembang seiring pertumbuhannya. Hal ini terutama berlaku bagi perusahaan yang berkembang secara internasional atau membutuhkan akses jarak jauh. Alasannya adalah akses berbasis cloud memudahkan pemeliharaan, perubahan, dan penambahan informasi tanpa menggunakan lebih dari satu platform.

8. Kemudahan Manajemen

Pemilik dan pengelola properti merasa lebih mudah mengelola properti mereka menggunakan sistem akses berbasis cloud. Mereka dapat memantau pengunjung saat mereka datang dan pergi menggunakan audit foto bercap tanggal dan waktu, yang dapat mereka akses di portal darimana saja.

Dengan fitur-fitur unggulannya, sistem access control cloud ini dapat memberikan solusi yang efektif dan efisien dalam mengelola akses dan keamanan di berbagai lingkungan. Jika Anda membutuhkan tingkat keamanan access control system lebih lanjut, kami dari Camarjaya akan dengan senang hati membantu setiap kebutuhan Anda.

Jangan tunggu kebobolan baru ditingkatkan, segera konsultasikan kepada tim kami secara GRATIS disini.

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam

Kirim Pesan
Reach Us
Halo Camarjaya, saya ingin menanyakan mengenai layanan yang tersedia di PT. CamarIndah JayaPerkasa