PT. Camar Indah Jaya Perkasa

Pengenalan CCTV _ Bagian, Jenis dan Fungsinya

Pengenalan CCTV : Bagian, Jenis dan Fungsinya

Berbicara mengenai CCTV, mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita semua ya teman-teman. Sekilas yang kita ketahui, CCTV adalah sebuah kamera untuk merekam aktivitas di suatu area. Namun, penting bagi kita untuk mengetahui lebih detail mengenai Pengenalan CCTV : Bagian, Jenis dan Fungsinya. Yuk, simak penjelasan detail dibawah ini!

Dilansir dari paessler.com, CCTV adalah singkatan dari “Closed Circuit Television“ dan umumnya dikenal sebagai alat untuk pengawasan video. CCTV merupakan siaran yang ditransmisikan hanya untuk sejumlah monitor yang terbatas (tertutup), bukan seperti televisi pada umumnya yang disiarkan secara umum untuk masyarakat. Jaringan CCTV biasanya digunakan untuk mendeteksi dan mencegah kegiatan kriminal, merekam pelanggaran lalu lintas, dan juga untuk fungsi keamanan lainnya.

Bagian Komponen Pada CCTV

Terdapat beberapa komponen inti pada CCTV untuk dapat berjalan dengan baik dan lancar. Berikut beberapa komponen yang terdapat pada sistem CCTV:

    1. Kamera CCTV
      Kamera CCTV merupakan perangkat utama yang berfungsi untuk merekam dan menangkap siaran video pada area yang dituju.
    2. Kabel
      Ada 2 jenis kabel utama yang digunakan, yaitu kabel daya (power supply) untuk menyediakan daya listrik ke kamera, lalu ada kabel coaxial untuk mengirimkan sinyal video ke tempat pemantauan.
    3. Monitor
      Disini, monitor berfungsi untuk melihat rekaman secara langsung atau memutar siaran ulang dari video yang telah direkam oleh CCTV.
    4. DVR / NVR
      DVR (Digital Video Recorder) berguna untuk menyimpan data video dari kamera CCTV dengan tipe Analog. NVR (Network Video Recorder) berfungsi untuk menyimpan data video dari kamera CCTV dengan tipe IP.
    5. Power Supply
      Power Supply pada CCTV dibutuhkan untuk menyediakan daya listrik guna mengaktifkan kamera pengawas, monitor dan perangkat pendukung lainnya yang menggunakan listrik untuk dapat digunakan dengan baik.

Jenis-Jenis CCTV

Terdapat beberapa jenis CCTV yang umum digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Baik untuk dipasang pada area rumah, kantor, gudang dan lain-lain. Berikut beberapa jenis CCTV yang umum dijumpai :

    1. CCTV Analog
      merupakan sistem keamanan kamera yang menggunakan teknologi Analog untuk mengirimkan sinyal video dari kamera ke perangkat pemantauan melalui kabel coaxial ke DVR untuk direkam dan dipantau.
    2. CCTV IP
      merupakan sistem keamanan kamera yang menggunakan teknologi IP (Internet Protocol) untuk mengirimkan sinyal video dari kamera ke perangkat pemantauan melalui jaringan IP ke NVR.

Fungsi dan Kegunaan CCTV

Penggunaan CCTV menjadi sangat penting untuk memantau berbagai aktivitas yang terjadi pada area tertentu agar dapat terpantau dengan lebih detail. Berikut fungsi-fungsi utama yang bisa didapatkan dengan memasang CCTV :

    1. Keamanan dan Pengawasan
      Dengan memasang CCTV, kita dapat melakukan pengawasan kapanpun dan dimanapun secara terus menerus, membantu mengidentifikasi berbagai ancaman dan juga mencegah tindakan kriminal seperti perampokan, pencurian dan lain-lain.
    2. Mencegah Tindakan Kriminal
      Keberadaan kamera CCTV seringkali menjadi suatu alasan bagi para penjahat untuk mengurungkan niat dalam melancarkan aksi kejahatannya karena mereka mengetahui bahwa aktivitasnya sudah direkam dan dapat dijadikan barang bukti.
    3. Memberikan Bukti Investigasi
      rekaman CCTV bisa menjadi suatu bukti untuk mengidentifikasi tindak kejahatan yang nantinya akan diselidiki oleh pihak kepolisian atau pihak yang berwenang lainnya.
    4. Pengawasan di Tempat Kerja
      Sebagian besar perusahaan baik untuk lingkup kecill hingga luas saat ini sudah menggunakan CCTV untuk memantau dan mengawasi lingkungan kerja mereka. Serta, dengan adanya CCTV dapat membantu untuk menghindari pencurian dan juga meningkatkan kenyamanan karyawan.
    5. Meningkatkan Pengawasan Aset Berharga
      CCTV juga seringkali digunakan untuk mengawasi dan mengelola berbagai aset berharga yang berada di suatu tempat seperti museum, gudang penyimpanan dan lain-lain.

Jadi, seperti itu penjelasan tentang Pengenalan CCTV : Bagian, Jenis dan Fungsinya. Semoga informasi yang telah dijelaskan disini mengenai pengenalan CCTV dapat berguna dan menambah wawasan untuk kita semua ya!

Lalu, tunggu apa lagi? Yuk, segera pasang sistem keamanan dilingkungan rumah, kantor, gudang ataupun kawasan lainnya agar lebih aman dan nyaman.

Keamanan Anda Prioritas Kami! Butuh informasi lebih lanjut? Yuk, konsultasikan secara GRATIS dengan tim kami sekarang juga dengan KLIK DISINI.

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam