PT. Camar Indah Jaya Perkasa

cara memilih cctv

Tips Memilih CCTV Berkualitas Untuk Keamanan Bisnis Anda

Selain kenyamanan, salah satu hal yang harus menjadi prioritas bagi para pemilik bisnis ataupun usaha adalah keamanan. Hal ini bertujuan untuk mengawasi dan melindungi aset-aset penting, memantau kinerja karyawan dan juga upaya keamanan lainnya. Kamera CCTV merupakan solusi sempurna untuk memantau keamanan rumah atau bisnis. Namun, dengan banyaknya pilihan yang tersedia saat ini, Anda harus paham cara memilih CCTV yang baik agar pemakaiannya bisa lebih optimal.

Memilih CCTV  dengan kualitas terbaik bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab, produk-produk yang tersedia di pasaran menawarkan banyak fitur dan kecanggihannya. Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan beberapa tips memilih CCTV berkualitas kepada Anda para pebisnis atau pengusaha baru dalam meningkatkan keamanan.

Tips Memilih CCTV Berkualitas yang Tepat

Memilih CCTV tidak bisa asal begitu saja, harus mempertimbangkan beberapa aspek dan juga fitur yang menunjang segala kebutuhan sistem keamanan di tempat bisnis Anda. Maka dari itu, ada beberapa tips memilih CCTV yang baik agar uang yang Anda keluarkan mendapatkan hasil yang optimal.

Baca  juga: Lindungi Keamanan Properti Anda, Ini Cara Mencegah CCTV Diretas Oleh Hacker

  1. Pahami Kebutuhan dan Tujuan Pemasangan

    Hal yang pertama adalah menentukan tujuan utama Anda saat ingin memasang CCTV untuk tempat usaha, apakah untuk mengawasi karyawan, memantau aset berharga atau mencegah kejahatan? Memahami kebutuhan seperti ini penting untuk dapat menentukan jenis CCTV yang cocok untuk bisnis Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengatur area yang ingin dipasang kamera pengawas, seperti pintu masuk, perimeter, ruang dalam, atau di tempat aset penting.

    Pertimbangkan juga tingkat detail yang Anda butuhkan, apakah Anda perlu sistem pengenalan wajah, pengenalan pelat nomor, atau pengawasan umum. Memahami kebutuhan spesifik Anda akan memandu Anda dalam memilih jenis dan fitur kamera yang sesuai.

  2. Pilih Tingkat Resolusi yang Tinggi

    Kualitas resolusi CCTV juga menentukan seberapa baik kamera mampu menangkap gambar atau objek yang diterima. Ukuran resolusi yang tinggi dapat membantu Anda mendapatkan gambar yang lebih jelas dan tajam, serta dapat lebih mudah mengidentifikasi dalam keadaan apapun. Maka dari itu, carilah kamera dengan resolusi minimal 1080p atau lebih tinggi untuk hasil rekaman yang jelas dan terperinci.

    Kamera dengan resolusi lebih tinggi akan menangkap detail yang lebih halus, sehingga memudahkan untuk mengidentifikasi wajah atau objek jika diperlukan. Namun, mungkin hal tersebut memerlukan lebih banyak ruang penyimpanan. Jika untuk pengawasan umum, kamera 2MP hingga 4MP biasanya sudah cukup. Sementara untuk area kritis dapat memperoleh manfaat dari 4MP hingga 8MP atau lebih tinggi.

  3. Tentukan Tipe Kamera yang Tepat

    Berikutnya Anda harus menentukan tipe kamera CCTV apa yang akan digunakan, apakah untuk Indoor atau Outdoor. Kedua tipe tersebut memiliki fungsinya masing-masing secara penempatannya (dalam ruangan dan luar ruangan). Kamera dome bersifat rahasia untuk penggunaan di dalam ruangan, sedangkan CCTV bullet bersifat menonjol dan ideal untuk pengawasan di luar ruangan. Kemudian ada kamera PTZ yang menyediakan kendali jarak jauh untuk memantau area yang lebih luas.

  4. Pertimbangkan Konektivitas dan Ukuran Penyimpanan Daya

    Sistem CCTV modern menawarkan berbagai pilihan konektivitas, termasuk kabel, wireless, dan Power Over Ethernet (PoE). Kamera PoE menggunakan satu kabel Ethernet untuk power supply dan transmisi data, sehingga menyederhanakan pemasangan. Selain itu, pertimbangkan pilihan ukuran penyimpanannya, apakah Anda akan menggunakan penyimpanan internal, Network Video Recorder (NVR), Digital Video Recorder (DVR), atau solusi penyimpanan berbasis cloud.

  5. Penglihatan Malam

    Poin berikut ini juga penting untuk Anda perhatikan. Kamera CCTV yang bagus mampu menangkap gambar yang jelas dalam kondisi cahaya redup atau pada malam hari. Kamera yang dilengkapi dengan LED inframerah memberikan kemampuan penglihatan malam yang sangat baik dan penting untuk pengawasan 24/7. Selain itu, Anda juga perlu memastikan jangkauan penglihatan malam kamera untuk cakupan area yang diinginkan secara efektif.

  6. Pemantauan Jarak Jauh

    Selanjutnya pastikan CCTV yang Anda pilih memungkinkan untuk tampilan atau pemantauan jarak jauh melalui komputer, smartphone, atau tablet. Sistem kamera yang terhubung ke akses seluler memungkinkan Anda untuk melihat rekaman secara langsung dan menerima peringatan dari mana saja, sehingga meningkatkan kenyamanan dan efektivitas sistem kameranya. Dengan begitu,

  7. Integrasi AI dan Analisis Video

    Jika Anda menginginkan CCTV yang canggih, Anda harus tahu bahwa kamera ini dilengkapi dengan fitur analitik video, seperti deteksi gerakan, pengenalan wajah, dan pelacakan objek. Kamera CCTV yang terintegrasi dengan kecerdasan buatan dapat meningkatkan keamanan dan mengotomatiskan tugas pengawasan tersebut. Sesuaikan juga sensitivitas untuk menimalkan alarm palsu yang disebabkan oleh faktor yang tidak mengancam.

    Untuk pilihan terbaiknya Camarjaya menawarkan produk CCTV yang sudah terintegrasi dengan AI dan lengkap dengan fitur pengenalan wajah akurat, yaitu Xenus Face Recognition Camera. Kamera ini juga didukung fitur fungsional, seperti area invasiontripwire invasion, dan people counting.

  8. Tahan Lama dan Tahan Cuaca

    Jika Anda memilih kamera outdoor, pastikan kemara tersebut tahan cuaca dan dapat bertahan dalam berbagai kondisi lingkungan seperti hujan, panas, dan dingin. Kemudian pilih kamera dengan peringkat IP yang sesuai untuk daya tahan dan keawetannya. Peringkat IP diwakili oleh dua digit; digit pertama menandakan perlindungan terhadap partikel padat, sedangkan digit kedua mewakili perlindungan terhadap air. Misalnya, kamera dengan IP67 kedap debu dan dapat bertahan saat direndam dalam air untuk sementara waktu. Memilih kamera IP yang tepat memastikan daya tahan dan keandalannya dalam kondisi cuaca buruk.

  9. Anggaran dan Skalabilitas

    Tentukan jumlah anggaran Anda untuk memasang sistem CCTV, termasuk biaya pemasangan, perawatan berkelanjutan, dan potensi peningkatan. Selain itu, pertimbangkan skalabilitas sistem jika Anda berencana untuk memperluas cakupan pengawasan di masa mendatang. Ada hal lain juga yang harus Anda pikirkan, yaitu Anda perlu memutuskan apakah akan memasang kamera sendiri atau menyewa seorang profesional. Perhitungkan juga biaya tambahan seperti kabel, peralatan pemasangan, hingga layanan pemasangan.

  10. Opsi Perekaman Audio dan Audio Dua Arah

    Jika ada kebutuhan untuk merekam suara dan video, kamera CCTV dengan mikrofon internal sangatlah ideal. Sebagian besar kamera CCTV WiFi juga memiliki speaker internal. Hal ini memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang saat mereka pergi melalui aplikasi smartphone.

  11. Konsultasikan Dengan Ahlinya

    Jika Anda masih bingung atau tidak yakin dengan pilihan yang akan ditentukan, segera konsultasikan segala kebutuhan Anda dengan tim ahlinya. Selain membantu Anda untuk memberikan saran, mereka juga menawarkan produk yang tepat untuk menjawab semua kebutuhan dan permasalahan sistem keamanan di tempat bisnis Anda.

Baca juga: Mudah dan Praktis, Ini Keunggulan Lain Dari CCTV Wireless

Demikian pembahasan mengenai tips memilih CCTV berkualitas yang baik dan tepat. Ini adalah langkah yang penting dalam menjaga keamanan properti dan memberikan Anda ketenangan pikiran. Jangan ragu untuk menghubungi tim Camarjaya disini untuk mendapatkan produk CCTV terbaik dengan teknologi terkini. Bahkan untuk tingkat pengawasan yang lebih tinggi lagi, di PT Camar Indah Jaya memiliki perangkat AI box yang bisa dipadukan dengan perangkat CCTV untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih canggih, seperti face recognition, pendeteksi asap, pendeteksi parkir ilegal. dan masih banyak lagi.

Segera pasang sistem keamanan di lingkungan rumah, kantor, gudang atau kawasan lainnya sekarang juga!

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam

Kirim Pesan
Reach Us
Halo Camarjaya, saya ingin menanyakan mengenai layanan yang tersedia di PT. CamarIndah JayaPerkasa