PT. Camar Indah Jaya Perkasa

mendapatkan wawasan tentang pelanggan dengan analisis video ai

Memanfaatkan Wawasan Pelanggan untuk Optimalkan Strategi Ritel

Perkembangan teknologi video seringkali dimanfaatkan sebagai sumber daya keamanan. Penambahan analitik video berbasis AI mengubahnya menjadi sumber daya intelijen multiguna bagi seluruh organisasi atau bisnis.

Bisnis ritel, misalnya, dapat memanfaatkan analitik video di berbagai lokasi untuk meningkatkan langkah-langkah perlindungan aset dan mengurangi kejahatan terorganisir. Di saat yang sama, mereka juga dapat menggunakan teknologi ini untuk mendapatkan wawasan pelanggan terutama untuk departemen pemasaran dan merchandising.

Lalu bagaimana data dari analisis pelanggan ini memberikan wawasan yang berharga untuk membuat strategi pemasaran yang efektif? Yuk, simak penjelasan lengkapnya disini.

Baca juga: Seberapa Penting Teknologi Pengenalan Wajah untuk Smart Retail?

Memahami Tentang Wawasan Pelanggan

Perangkat lunak analitik video dapat membantu pebisnis ritel mendapatkan wawasan pelanggan dengan memanfaatkan video untuk menyediakan data tentang minat produk dan tren navigasi toko. Data ini dapat dianalisis di berbagai lokasi untuk lebih memahami bagaimana interaksi dengan display, iklan, dan produk di seluruh toko.

Analitik video juga menyediakan data tren dengan mengagregasi data video dari waktu ke waktu. Selain itu, data tersebut dapat memvisualisasikan wawasan ke dalam laporan dasbor yang dapat disesuaikan kebutuhan analisis Anda. Dengan bagan, grafik, dan heatmap yang mendemonstrasikan data agregat, peritel memiliki intelijen operasional dan bisnis yang konkret terkait traffic pengunjung, demografi pelanggan, dan lainnya yang dapat menginformasikan strategi pemasaran dan merchandising.

Data yang andal untuk setiap toko dalam rantai ritel, beserta laporan yang mudah dibagikan dan dibandingkan, dapat membantu manajer pemasaran dan merchandise dalam membuat keputusan bisnis penting bagi para eksekutif.

Data mengenai wawasan pelanggan sendiri terbagi menjadi dua elemen, dan berikut penjelasannya.

1. Kecerdasan Demografis & Target Audiens

Menganalisis demografi pelanggan dan statistik pengunjung yang akurat dengan analitik video dapat membantu manajer pemasaran dan merchandising mengidentifikasi target audiens baru atau mengoptimalkan audiens yang sudah ada. Misalnya, heatmap toko dapat mengungkapkan bagaimana segmen pelanggan menavigasi lokasi ritel. Hal ini menunjukkan berapa lama pembeli berada di suatu area, atau berlama-lama dekat iklan dan pajangan produk.

Dengan wawasan pelanggan yang dapat ditindaklanjuti ini, pelaku bisnis ritel dapat membuat keputusan strategis tentang preferensi pelanggan, mengoptimalkan merchandising, dan meningkatkan konversi.

Kecerdasan demografis dari analisis video AI, seperti jenis kelamin dan usia pengunjung, dapat membantu tim pemasaran mendorong periklanan dan marketing dengan menargetkan audiens yang pernah atau sering mengunjungi toko Anda.

Lebih lanjut, manajer pemasaran dapat menggunakan data yang dikumpulkan di berbagai cabang toko Anda untuk lebih memahami profil pelanggan secara umum dan mempertimbangkan cara memperluas jangkauan ke target audiens baru. Dengan memahami siapa yang berbelanja, di mana dan kapan mereka berbelanja, serta apa yang mereka beli, manajer dapat membuat keputusan untuk periklanan, promosi, dan pembelian yang lebih baik. Tujuannya tentu saja dapat mendorong pendapatan, dan mengatur traffic yang lebih optimal.

Misalnya, banyak toko anak-anak secara tradisional memasarkan produk mereka kepada ibu-ibu memiliki anak kecil. Namun, data agregat di seluruh toko dapat mengungkapkan bahwa orang tua dari kedua jenis kelamin mengunjungi toko secara merata. Jika manajer hanya mengandalkan taktik pemasaran tradisional, mereka tidak akan mendapatkan wawasan dan analisis pelanggan dan kemungkinan kehilangan profil pembeli yang sangat penting bagi bisnis.

Baca juga: Peran People Counting Dalam Meningkatkan Manajemen Penyewa di Mal

2. Traffic Pengunjung & Pemasaran Strategis

Banyak toko ritel mengandalkan metrik penghitungan orang atau pengunjung untuk meningkatkan berbagai hasil bisnis. Namun, teknologi penghitung orang (people counting) tradisional tidak dapat mengecualikan staf atau pengunjung berulang, yang dapat mendistorsi data mereka.

Teknologi penghitungan orang dan jumlah pengunjung yang digerakkan oleh AI, seperti yang dapat disediakan oleh analitik video, dapat mengecualikan staf dari pelaporan. Dengan demikian, Anda dapat menentukan kunjungan pelanggan unik, dan menyaring kunjungan yang tidak terlacak ke toko, display tertentu, atau iklan.

Analisis video juga dapat mengungkap berapa lama waktu yang dihabiskan pelanggan dalam antrean. Ini dapat membantu manajer mengidentifikasi kemacetan traffic dan formasi kerumunan, sehingga dapat menentukan titik-titik kemacetan yang biasanya terjadi dan di tempat parkir.

Dengan mengidentifikasi tren navigasi toko yang tidak efisien, manajer operasional dapat mengoptimalkan tata letak dan penempatan produk. Tujuannya untuk menyederhanakan pengalaman pelanggan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan, yang pada akhirnya meningkatkan laba.

Teknologi analitik video tersebut kini hadir dalam satu perangkat, yakni Xenus Intelligent Edge Analysis All-In-One Machine. Perangkat AI Box dari Camarjaya ini menawarkan teknologi people counting yang lebih presisi dalam mendeteksi pengunjung yang datang, dan mengidentifikasi staf sedang bekerja. Tak hanya itu, Xenus AI Box ini juga didukung fitur face recognition yang membuatnya semakin akurat dalam mengidentifikasi pelanggan.

Dari pengolahan data tersebut, AI box kami juga menyediakan tampilan data yang lengkap mengenai wawasan pelanggan. Anda dapat melihat jenis kelamin, prediksi usia, berapa kali pelanggan tersebut datang, dan lainnya dalam satu tampilan dasbor.

dashboard tampilan data people counting ai box
Penyajian data AI Box Xenus dari Camarjaya

Dengan begitu, manajer toko dapat mengagregasi dan memusatkan data – seperti kunjungan dan navigasi di dalam toko, interaksi iklan dan display. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui tingkat pengembalian dan pengunjung yang tidak berbelanja, serta demografi pelanggan.

Data tersebut bantu mengoptimalkan dan menyederhanakan strategi pemasaran dengan menerapkan pemahaman umum di semua lokasi, alih-alih pemahaman satu kali di masing-masing lokasi.

Baca juga: Bagaimana AI Dapat Menghitung Pengunjung Secara Optimal?

Solusi Komprehensif untuk Strategi Ritel

Analisis video telah berevolusi dari sekadar alat keamanan menjadi sumber daya intelijen yang andal dan serbaguna bagi bisnis ritel. Dengan memanfaatkan analisis video berbasis AI seperti Xenus AI Box, bisnis dapat memperoleh wawasan mendalam tentang perilaku pelanggan, mengoptimalkan tata letak toko, menyaring target audiens, dan membuat keputusan berbasis data.

Teknologi ini tidak hanya meningkatkan langkah-langkah keamanan tetapi juga menyediakan intelijen bisnis berharga yang dapat berdampak signifikan pada strategi pemasaran, keputusan pemasaran, dan efisiensi operasional secara keseluruhan.

Analisis video menawarkan solusi komprehensif yang dapat mendorong pertumbuhan pendapatan dan meningkatkan pengalaman pelanggan di seluruh rantai ritel.

Tertarik dengan teknologi analisis video AI tetapi ragu apakah itu investasi yang berharga bagi bisnis Anda? Konsultasikan langsung dengan tim ahli kami untuk informasi detailnya.

 

Sumber:

https://linkretail.com/harnessing-ai-analytics-to-revolutionize-the-retail-industry/

https://www.briefcam.com/resources/blog/harnessing-customer-insights-the-impact-of-video-analytics-on-retail-strategy/

https://solink.com/resources/industry-insights/ai-in-the-retail-industry/

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam

Kirim Pesan
Reach Us
Halo Camarjaya, saya ingin menanyakan mengenai layanan yang tersedia di PT. CamarIndah JayaPerkasa