PT. Camar Indah Jaya Perkasa

urutan resolusi kamera cctv

Memahami Urutan Resolusi CCTV dan Dampaknya pada Kualitas Rekaman

Umumnya CCTV dibutuhkan untuk mengawasi sesuatu yang mencurigakan atau menjaga aset-aset berharga. Kamera CCTV yang berkualitas tentu dibarengi dengan kualitas gambar yang dihasilkan. Disini tentu Anda harus memahami urutan resolusi CCTV untuk mendukung keamanan di lingkungan Anda.

Saat ini sudah tersedia berbagai macam jenis resolusi CCTV yang tersedia di pasaran. Hal ini jadi salah satu faktor kunci yang perlu dipahami dalam memilih kualitas rekaman gambarnya.

Untuk membantu Anda memahaminya, Artikel ini akan menjelaskan mengenai berapa saja resolusi kamera CCTV dan bagaimana dampaknya terhadap kualitas rekaman.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kamera CCTV, Dari Jenis hingga Kegunaannya!

Urutan Resolusi CCTV yang Harus Anda Tahu

Kualitas resolusi yang ada pada kamera pengawas atau CCTV mengacu pada detail gambar yang direkam. Umumnya resolusi diukur dalam satuan piksel. Semakin tinggi ukuran pikselnya, maka hasil gambar yang dihasilkan semakin bagus dan jelas. Berikut ini jenis-jenis resolusi pada CCTV yang perlu Anda ketahui:

1. Standard Definition (SD)

Resolusi standar atau yang disebut dengan SD merupakan salah satu resolusi paling awal yang digunakan pada teknologi CCTV. Ukuran resolusi ini biasanya mencakup 480p (720×480 piksel). Meskipun terbilang cukup lawas, namun kamera SD masih digunakan pada kamera dengan pengaturan sederhana dan pada area yang sekiranya tidak membutuhkan keamanan tinggi. Namun, kualitas rekaman yang dihasilkan oleh resolusi SD tidak begitu jelas dan jernih.

2. High Definition (HD)

Lebih tinggi dari SD ada resolusi yang disebut dengan HD dan kini menjadi standar resolusi yang digunakan oleh kebanyakan CCTV. Dengan ukuran resolusi 1080p (1920×1080 piksel) mampu memberikan kualitas gambar yang lebih jelas, tajam dan lebih detail. Selain itu, resolusi kamera CCTV HD juga menjadi pilihan yang baik untuk kebanyakan lingkungan guna mengawasi aktivitas sehari-hari.

3. Full High Definition (Full HD)

Urutan resolusi CCTV berikutnya ada full HD yang lebih tinggi dibanding HD, yaitu dengan resolusi 1080p (1920×1080 piksel). Resolusi ini memberikan hasil rekaman dengan kualitas gambar yang sangat tajam dan tingkat kejernihan yang sangat baik, sehingga hasilnya terlihat lebih halus dan jelas. Resolusi HD cocok digunakan pada area lalu lintas atau tempat penting lainnya.

4. Ultra High Definition (Ultra HD atau 4K)

Resolusi Ultra High Definition (Ultra HD atau 4K) memiliki ukuran 7680×4320 piksel. Kualitas pada resolusi 4K menawarkan hasil rekaman dengan kualitas gambar yang sangat tajam dan rinci. Jika Anda membutuhkan sistem pendukung keamanan di area pengawasan yang luas seperti stadion, bandara dan tempat keramaian lainnya, maka kamera CCTV Ultra HD jadi pilihan yang tepat.

5. 8K Resolution

8K Resolution merupakan resolusi tertinggi yang tersedia saat ini untuk kamera CCTV dengan ukuran 7680×4320 piksel. Sayangnya, resolusi 8K belum umum digunakan pada sistem CCTV karena harganya yang tergolong mahal. Biasanya, resolusi ini digunakan pada area publik yang membutuhkan keamanan tinggi seperti kawasan industri, pusat perbelanjaan dan tempat sensitif lainnya.

Cari Kamera CCTV Terbaik? Camarjaya Solusinya

Seiring berkembangnya teknologi, maka sistem keamanan di tempat bisnis Anda tentu harus turut diupdate. Bukan hanya sekedar pengawasan tetapi teknologi kamera CCTV saat ini sudah memiliki fitur, seperti pengenalan wajah, mendeteksi sesuatu yang mencurigakan dari parimeter tertentu, penghitungan jumlah orang yang masuk dan keluar, dan masih banyak lagi.

Nah, Camarjaya jadi yang terdepan dalam menghadirkan teknologi CCTV terbaru dan berkualitas untuk berbagai kebutuhan Anda. Misalnya Honeywell IR Rugged Mini Dome Camera. yang cocok untuk operasi bisnis skala kecil hingga menengah. Kamera ini tersedia dalam berbagai bentuk dan resolusi, serta menawarkan analitik cerdas yang terintegrasi dengan harga terjangkau.

Itulah penjelasan tentang urutan resolusi CCTV dan dampaknya terhadap kualitas gambar yang dihasilkan. Jika Anda adalah pemilik rumah ataupun tempat usaha dengan lingkup yang tidak terlalu besar, kami menyarankan untuk memilih resolusi kamera CCTV dengan minimal tingkat HD (High Definition) karena cocok untuk pengawasan pada area tersebut.

Jika Anda masih merasa bingung ataupun kurang yakin terhadap pilihan yang ingin ditentukan, segera hubungi tim kami untuk konsultasi lebih lanjut secara GRATIS DISINI.

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam