Pembobolan kantor merupakan hal yang membuat siapa saja ketar-ketir karena risikonya sangat tinggi. Penyusup dapat melukai karyawan, merusak atau menghancurkan aset Anda, dan mencuri informasi rahasia.
Oleh karena itu, Anda harus menganggap serius keamanan kantor Anda dan menemukan solusi yang akan menawarkan perlindungan yang andal. Sistem akses kontrol pintu adalah inti dari upaya keamanan Anda.
Banyak perusahaan telah memiliki sistem ini, tetapi seringkali sudah ketinggalan zaman. Dalam artikel ini, kita akan sama-sama mempelajari mengapa sistem pintu masuk kantor sangat penting bagi bisnis masa kini. Simak penjelasannya berikut ini.
Apa Itu Akses Kontrol Pintu Kantor?
Sistem akses kontrol pintu masuk kantor merupakan solusi keamanan yang memungkinkan Anda mengontrol siapa yang memasuki kantor atau area tertentu di dalamnya. Ini adalah tindakan penting yang membantu melindungi karyawan, properti, dan data Anda.
1. Cara Kerja
Sistem pintu masuk kantor mengharuskan karyawan, tamu, klien, dan pengunjung lain untuk menunjukkan kredensial guna membuka kunci pintu serta memasuki tempat Anda. Sistem ini biasanya menyertakan pembaca yang memindai atau mendeteksi kredensial tersebut. Kemudian sistem akan mengirimkannya ke controller yang memeriksa kredensial tersebut terhadap informasi yang tersimpan dalam basis data.
Jika sistem mengkonfirmasi bahwa orang tersebut berwenang untuk masuk, maka controller akan memicu pintu untuk membuka kunci. Di sisi lain, jika pengguna tidak berwenang untuk membuka pintu tersebut atau tidak tercatat dalam basis data sama sekali, pintu akan tetap tertutup.
2. Jenis Sistem Pintu Masuk Kantor
Banyak bisnis saat ini menggunakan sistem door entry tanpa kunci dan kunci pintu komersial yang memungkinkan fleksibilitas serta kemudahan penggunaan yang lebih nyaman. Berikut ini beberapa jenis sistem akses kontrol pintu masuk kantor yang tersedia saat ini.
- Keypads: Sistem ini mengharuskan pengguna memasukkan kode untuk membuka kunci pintu. Sayangnya, keypads terbilang kurang aman karena kode angka mudah dicuri atau dibagikan.
- Sistem kartu kunci dan fob: kartu dan fob adalah dua metode paling populer untuk kantor karena lebih praktis dan mudah dibawa. Namun, dalam penggunaannya Anda harus mendekatkan kartu dan fob ke pembaca. Sementara sistem jarak dekat lainnya dapat mendeteksi kredensial pengguna dari jarak yang lebih jauh.
- Sistem akses seluler: Banyak sistem pintu masuk kantor modern yang memungkinkan ponsel sebagai kredensial otorisasi. Pengguna dapat membuka kunci dengan aplikasi di ponsel.
- Sistem biometrik: Sistem akses pintu kantor biometrik mendasarkan keputusan akses pada karakteristik fisik seseorang. Pengguna dapat memindai wajah, sidik jari, atau fitur lainnya untuk masuk secara otomatis tanpa menunjukkan kredensial fisik atau digital.
- Interkom video: Sistem ini mencakup kamera video, yang memungkinkan pengguna berbicara dengan karyawan atau staf keamanan di lokasi dan meminta akses.
Perlu diingat bahwa Anda tidak harus berbatas pada satu jenis sistem pintu masuk. Banyak perusahaan atau organisasi memilih solusi kontrol akses fleksibel yang memungkinkan berbagai kredensial.
Sistem access control Uface dari Camarjaya, misalnya, memudahkan bisnis untuk menggunakan kartu kunci, fob, kode QR, atau akses seluler dengan satu pembaca.
Baca juga: Manfaat Otomatisasi Sistem Kontrol Akses Pada Bisnis
Tantangan Umum Dalam Kontrol Akses Kantor
Ada beberapa rintangan yang mungkin Anda hadapi saat memilih dan menerapkan akses kontrol pintu masuk kantor. Berikut beberapa masalah yang paling mungkin terjadi.
1. Masalah Kompabilitas
Saat menerapkan sistem pintu masuk kantor baru, Anda mungkin menemukan bahwa sistem tersebut tidak terintegrasi dengan hardware, software, dan sistem lain yang sudah ada. Hal ini dapat mempersulit dan menambah biaya untuk meningkatkan atau mengganti solusi pintu masuk Anda saat ini.
Memilih sistem yang terbuka dan dapat dioperasikan bersama dan meneliti kemungkinan integrasi sebelumnya akan meredakan masalah ini.
2. Mengelola Kontrol di Tempat
Beberapa sistem akses kontrol pintu masuk hanya dapat dikelola saat berada di kantor. Ini berarti Anda akan selalu membutuhkan seseorang yang hadir untuk mengeluarkan atau merubah otorisasi, membuka kunci bagi pengunjung, serta memantau keamanannya.
Di sisi lain, ada sistem berbasis cloud yang memungkinkan Anda mengelola semua ruang dari jarak jauh melalui satu panel kaca.
3. Resistensi Terhadap Perubahan
Karyawan Anda mungkin enggan mengadopsi pendekatan baru terhadap kontrol akses, terutama jika mereka sudah merasa nyaman menggunakan sistem yang ada. Memilih sistem entri seluler yang lebih nyaman memastikan pengguna tidak lupa atau menghilangkan kredensial mereka dan menawarkan pelatihan serta panduan dapat membantu mengatasi kecemasan ini.
4. Kekhawatiran Akan Pemadaman Listrik
Jika listrik atau internet padam di kantor Anda, tidak perlu khawatir bahwa karyawan Anda akan terlantar di luar. Camarjaya memiliki sistem kontrol akses dengan perlindungan bawaan terhadap skenario ini, sehingga menjaga pintu tetap berfungsi bahkan setelah listrik atau internet padam.
Semua ini adalah masalah yang valid, dan Anda harus selalu mempertimbangkan kebutuhan bisnis Anda.
Tips Instalasi dan Pengaturan Sistem Pintu Masuk Kantor
Saat memasang sistem kontrol akses pintu masuk kantor, pikirkan baik-baik dimana Anda menempatkan titik akses. Sebagian besar perusahaan memprioritaskan pintu masuk utama, tetapi Anda juga dapat mengamankan area terbatas yang menyimpan segala data rahasia atau fasilitas yang seharusnya tidak dapat diakses oleh tamu dan pengunjung.
Setelah keputusan itu dibuat, Anda dapat melanjutkan pemasangan. Berikut tips pemasangan dan pengaturannya.
1. Instalasi dan Konfigurasi
Memasang sistem pintu masuk kantor relatif mudah. Pemasangannya meliputi pemasangan kabel, kunci elektrik, pengontrol, dan pembaca di lokasi yang sesuai di kantor Anda. Pemasang profesional biasanya akan mengurus proses ini untuk Anda, tetapi jika Anda sudah memiliki infrastruktur dan yakin dengan keterampilan teknis Anda, maka Anda dapat memasangnya sendiri.
Setelah sistem terpasang, Anda dapat mengkonfigurasinya sesuai preferensi dan kebutuhan Anda. Beberapa pengaturan yang dapat Anda ubah meliputi penetapan pintu, pengguna, grup pengguna, kredensial, pengaktifan peringatan, dan pemilihan tingkat sensitivitas.
2. Memilih Opsi Penyebaran
Bergantung pada pengaturan pintu masuk kantor Anda saat ini, tujuan Anda mungkin adalah peningkatan atau perombakan total. Untuk mengakomodasi kebutuhan setiap organisasi, Camarjaya menawarkan beberapa opsi penerapan.
Misalnya, jika Anda ingin mempertahankan hardware lama tetapi beralih ke kontrol akses berbasis cloud, Uface dapat meningkatkan sistem Anda menggunakan infrastruktur Anda saat ini. Uface juga dapat melapisi kredensial seluler atau fisik dengan solusi Anda yang sudah ada.
Di sisi lain, Anda dapat memilih untuk mengganti sistem Anda sepenuhnya dengan hardware dan software Uface untuk mencapai kontrol akses pintu terpadu dan tahan masa depan.
Baca juga: Bagaimana Strategi Access Control Perkuat Sistem Layanan Kesehatan?
Optimalkan Keamanan Kantor Anda Bersama Camarjaya
Setiap kantor, baik besar maupun kecil, harus memiliki sistem pintu masuk yang memberikan keamanan lebih baik, manajemen yang lebih efisien, dan wawasan tentang tren akses. Sistem kontrol akses yang lebih cerdas, andal, dan nyaman merupakan fondasi yang ideal untuk jenis sistem saat ini.
Camarjaya menyediakan berbagai pilihan sistem kontrol akses pintu yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan keamanan di kantor Anda. Untuk informasi lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi tim kami mengenai permasalahan Anda atau meminta demo.
Sumber:
https://www.getkisi.com/blog/office-door-entry-system
https://www.action1st.com/common-issues-with-office-access-control-system-and-how-to-fix-them/
https://www.arksysinc.com/blog/5-challenges-faced-implementing-access-control-organization/