PT. Camar Indah Jaya Perkasa

sistem keamanan gudang

Jangan Sampai Kecolongan! Ini Tips Cegah Maling Gudang Beraksi

Gudang logistik atau warehouse jadi salah satu aset berharga karena disana merupakan tempat untuk penyimpanan sekaligus distribusi barang. Karena di dalamnya terdapat barang-barang yang menghasilkan nilai uang membuat gudang jadi sasaran target pencurian. Oknum maling gudang bisa darimana saja, baik itu dari pihak luar maupun dari internal itu sendiri.

Kenyataan pahitnya adalah pencurian di warehouse seringkali dilakukan oleh karyawan dan tentu saja mengurangi keuntungan gudang. Terkadang pencurian di gudang sangat mudah dilakukan, dan tidak ada sistem yang diterapkan untuk mencegahnya. Melindungi area gudang dari pencurian dapat menjadi salah satu tugas terpenting yang harus Anda selesaikan.

Dalam artikel ini, kami membahas kiat keamanan terbaik untuk mengelola ancaman seperti pencurian dan perampokan karyawan, serta merekomendasikan solusi keamanan yang tepat untuk membantu Anda mencegah kerugian dalam bisnis Anda.

Baca juga: Tak Hanya Cegah Pencurian, Ini Manfaat Alarm Anti Maling yang Harus Anda Ketahui

Jenis Maling Gudang yang Umum Terjadi

Gudang dan rantai pasokan selalu beroperasi dengan harapan meminimalisir kerugian di sepanjang bisnis berjalan. Lini produksi bisa saja terganggu, peralatan dapat usang atau rusak, dan barang stok dapat hilang atau rusak selama pengiriman. Namun, hal ini dapat dengan cepat menjadi masalah besar jika menyangkut ancaman pencurian gudang. Anda mungkin telah melihat tanda-tanda bahaya tertentu seperti tingkat stok yang tidak sesuai dengan catatan penjualan atau dokumen pentung, seperti faktur penjualan yang hilang.

Keduanya dapat menyebabkan masalah administrasi yang besar bagi bisnis Anda, memperparah dampak kerugian akibat pencurian. Jika hal ini terjadi pada bisnis Anda, maka Anda harus melakukan tindakan dengan segera. Berikut ini adalah beberapa statistik penting yang menunjukkan dampak finansial dari aksi pencurian gudang di dunia.

  • Setiap tahunnya di AS mengalami kerugian akibat pencurian kargo senilai $15-$30 miliar menurut majalah Loss Prevention.
  • Di Inggris, 18% dari keseluruhan penyusutan ritel berasal dari kejahatan yang menargetkan pemasok dari gudang hingga merugikan pengecer sebesar £2,2 miliar pada tahun 2019 menurut laman  British Retail Consortium.
  • Lalu di Indonesia sendiri terdapat kasus karyawan gudang sparepart Yamaha di Lampung yang mencuri ditempat kerjanya mengakibatkan kerugian perusahaan mencapai hampir Rp 1 miliar (aksi pencurian dilakukan Januari-Maret 2024).

Selain itu, penting untuk Anda ketahui jenis pencurian apa saja yang dapat terjadi di area gudang logistik, seperti berikut ini:

  • Pencurian eksternal. Ini merujuk pada pencurian yang dilakukan di fasilitas Anda oleh orang-orang dari luar perusahaan. Kami akan berbagi saran cara mencegah penyusup memasuki gudang Anda dan membatasi akses ke area berisiko tinggi.
  • Pencurian internal. Merujuk pada pencurian yang terjadi di gudang oleh karyawan Anda sendiri. Memang tidak menyenangkan untuk dipikirkan, tetapi pencurian yang dilakukan oleh staf terus meningkat.

Tips Mencegah Area Gudang Kebobolan

Maling gudang memang selalu meresahkan karena bukan Anda sendiri yang mengalami kerugian tetapi dampaknya juga dirasakan seluruh lini bisnis Anda. Beberapa tips berikut ini bisa Anda terapkan untuk memastikan bahwa gudang Anda bebas dari pencurian dan karyawan Anda menjaga integritas serta kejujuran terhadap perusahaan.

1. Pemeriksaan Kondisi Keamanan di Gudang

Semua gudang rentan terhadap pencurian baik dari luar maupun dari dalam. Penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan keamanan di lokasi guna membantu merencanakan tindakan keamanan apa yang perlu diambil untuk membuatnya lebih aman. Jenis pencurian yang paling mungkin terjadi akan bergantung pada faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan saat merencanakan strategi keamanan. Beberapa faktor tersebut meliputi:

  • Nilai persediaan dan peralatan yang disimpan di lokasi, dimana barang-barang dengan harga mahal lebih rentan dicuri dan dijual di pasar gelap.
  • Aset seperti stok dan peralatan yang disimpan di gudang dan tindakan keamanan apa yang saat ini Anda terapkan.
  • Lokasi gudang juga perlu diperhatikan karena pencurian eksternal bisa lebih besar jika Anda beroperasi di area yang memiliki tingkat kejahatan tinggi.
  • Kondisi bangunan dan sekelilingnya.
  • Sistem keamanan dan protokol apa yang sudah Anda terapkan untuk melindungi situs Anda dan seberapa efektif. Penelitian menunjukkan bahwa penyusup sebenarnya akan menargetkan situs dengan alarm eksternal yang sudah tua dan usang.

Itu hanya beberapa faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan saat melakukan pemeriksaan keamanan gudang. Pilihan terbaiknya adalah mencari bantuan dari pakar keamanan seperti Camarjaya yang dapat membantu Anda mengidentifikasi area mana saja yang lemah guna membantu mengamankan bisnis Anda.

2. Melindungi Perimeter

Saat menerapkan langkah pencegahan pencurian di gudang, membatasi risiko pencurian eksternal mungkin merupakan langkah yang paling mudah. Anda ingin menjauhkan orang yang tidak diinginkan dari bisnis Anda untuk melindungi karyawan selama jam operasional dan menjaga aset Anda saat gudang sedang kosong. Selama pemeriksaan kondisi keamanan, tanyakan pada diri Anda, “Apakah dinding atau pagar perimeter bebas dari kerusakan dan apakah mereka memberikan ketahanan yang memadai terhadap siapapun yang melewatinya?

Jangan hanya melihat dinding atau pagar di sekitar gedung Anda, lihat juga apa yang terjadi di sekitarnya, misalnya seperti penyimpanan tempat sampah atau tempat Anda memarkir mobil van mungkin diabaikan tetapi dapat memberikan akses mudah bagi penyusup.

Hampir semua bisnis manufaktur dan logistik mendapatkan keuntungan dari peralatan keamanan untuk melindungi perimeter mereka. Sebagian besar pagar dan pintu yang terkunci dapat dengan mudah ditembus oleh siapa saja yang berniat untuk masuk ke dalam. Untuk pencegahannya disarankan setidaknya memasang alarm anti maling berkualitas tinggi dan sistem pengawasan CCTV dan video di lokasi yang dianggap berisiko.

Anda sebaiknya mempertimbangkan alarm penyusup dengan tombol panggil. Sistemnya akan secara otomatis memberitahu Anda jika alarm dipicu, atau lebih baik lagi, sistem yang terpantau sepenuhnya. Dengan sistem tersebut, Anda dilindungi oleh tim pemantau keamanan profesional 24/7 yang akan memberikan perlindungan langsung memberitahukan pihak kepolisian jika terjadi insiden.

Sementara CCTV adalah salah satu teknologi keamanan yang paling maju dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini telah menciptakan berbagai solusi yang lebih andal, multifungsi, dan hemat biaya. Kamera yang mendukung definisi tinggi (HD) dan lebih tinggi adalah pilihan ideal, yang umumnya hadir sebagai standar pada sistem CCTV berkualitas baik saat ini. Ditambah dengan teknologi face recognition atau pengenalan wajah memberikan lapisan perlindungan ekstra untuk bisnis Anda, seperti Xenus Face Recognition CCTV Camera.

Kamera tersebut juga dapat menjalankan fungsi lain seperti analitik tingkat lanjut yang akan membantu Anda mengelola operasi dengan lebih aman dan efisien jika dipadukan bersama AI box Xenus Intelligent Divice. Perangkat kami mampu beradaptasi dengan skenario di area gudang seperti melakukan pelacakan dari pergerakan kiriman stok atau material di sekitar gedung.

Sistem CCTV yang tepat harus memungkinkan pengguna tertentu untuk mengelola dan memantau apa yang terjadi dari jarak jauh serta menerima peringatan instan ke ponsel mereka. Ini juga berarti CCTV dapat dipantau dari jarak jauh oleh penyedia layanan pemantauan keamanan profesional jika Anda menginginkannya. Kemudian dalam hal penempatan kamera, usahakan untuk menutupi sebanyak mungkin perimeter eksternal Anda untuk memberikan perlindungan yang memadai dan mencegah penyusup potensial.

Dengan menggabungkan sistem alarm penyusup  dan CCTV (Xenus Face Recognition Camera) yang didukung teknologi AI (Xenus AI Intelligent Edge Divice), Anda akan membuat langkah besar untuk mencegah maling gudang dari luar.

3. Menghentikan Karyawan Mencuri di Tempat Kerja

Ada beberapa alasan mengapa karyawan mencuri dari tempat kerja, diantaranya kesulitan keuangan atau ketidakbahagiaan di tempat kerja merupakan masalah yang umum. Saat merencanakan cara pencegahannya, segera atasi masalah ini sedini mungkin.

Mungkin akan jadi ide yang baik untuk melibatkan tim SDM Anda dalam mengidentifikasi dan mengurangi risiko apa pun yang terkait dengan pencurian karyawan, terutama jika Anda perlu meninjau kebijakan perusahaan. Dalam hal strategi keamanan di gudang, kami menyarankan beberapa hal, yaitu:

  • Minimalkan godaan bagi karyawan untuk mencuri dengan membatasi akses ke area tertentu.
  • Terapkan sistem keamanan untuk mencegah terjadinya pencurian.
  • Berikan bukti berkualitas tinggi jika terjadi investigasi sebagai akibat dari dugaan pencurian.

4. Minimalkan Godaan dengan Access Control

Banyak pencuri yang oportunis, yang berarti Anda dapat membantu mencegah pencurian yang dilakukan karyawan dengan menyingkirkan peluang tersebut. Sistem access control yang tepat membantu Anda mencegah pencurian di gudang secara signifikan dengan membatasi siapa yang dapat masuk ke area berisiko tinggi.

Direkomendasikan sistem access control yang secara otomatis melacak siapa yang memasuki atau meninggalkan area yang dikontrol dan pada jam berapa. Data ini kemudian dapat ditarik untuk memungkinkan Anda mengidentifikasi siapa yang ada di lokasi saat pencurian terjadi. Sistem kontrol akses sangat hebat untuk mengendalikan titik masuk utama dalam bisnis Anda, seperti halnya kunci pada masa lampau. Hal ini terutama berlaku untuk sistem biometrik, karena kunci tidak dapat dipalsukan, hilang, atau ditemukan di tangan yang salah.

Analisa tambahan yang disediakan dapat sangat berharga dalam membantu Anda mencegah pencurian dan mengurangi kerugian dalam jangka panjang, terutama bila dikombinasikan dengan CCTV.

Baca juga: Bagaimana Teknologi Face Recognition Dapat Membangun Sistem Pengawasan di Kantor

Cara Mencegah Pencurian di Gudang dengan CCTV

Seperti yang telah kami sebutkan tentang melindungi perimeter, penempatan kamera dan penggunaan peralatan yang tepat di dalam gudang sangatlah penting. Anda pasti ingin memasang kamera di area berisiko tinggi yang telah Anda identifikasi atau jika Anda mengubah denah gudang sebagai hasil audit. Semakin luas cakupan yang Anda miliki di dalam gudang, semakin andal pula sistem Anda.

Kamera CCTV juga dapat memicu peringatan jika mendeteksi gerakan saat gudang Anda tutup. Dengan demikian, Anda atau profesional pemantauan keamanan dapat memantau rekaman langsung dan memberi tahu polisi sesegera mungkin. Jika terjadi kehilangan barang, gambar HD dan analisis perangkat lunak akan memudahkan Anda mengumpulkan bukti yang diperlukan sebagai bagian dari investigasi apa pun. Inilah sebabnya mengapa sistem access control dan CCTV dapat bekerja sama secara efektif.

Untuk mendukung sistem keamanan yang canggih di area gudang Anda, Camarjaya memiliki solusi yang tepat dari produk-produk yang kami tawarkan. Jangan ragu untuk konsultasikan permasalahan Anda untuk mencegah maling gudang beraksi dengan menghubungi tim ahli kami disini secara gratis.

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam

Kirim Pesan
Reach Us
Halo Camarjaya, saya ingin menanyakan mengenai layanan yang tersedia di PT. CamarIndah JayaPerkasa