PT. Camar Indah Jaya Perkasa

Bangun Sistem Pengawasan Kantor dengan Face Recognition Camera

Keamanan kantor secara luas dianggap sebagai salah satu isu terpenting yang dihadapi bisnis saat ini. Meskipun keamanan kunci dan gembok tradisional belum ditinggalkan, berbagai metode autentikasi kini digunakan di tempat kerja modern, termasuk gantungan kunci, kartu identitas, dan kata sandi. Sistem keamanan dan pengawasan yang cerdas menawarkan situasi yang menguntungkan bagi bisnis karena lebih akurat dan efisien.

Teknologi face recognition camera atau pengenalan wajah juga dapat memangkas pengeluaran untuk personel keamanan secara signifikan yang menyediakan integrasi dengan jam kerja karyawan, sistem POS, dan sistem access control. Kemajuan dalam kecerdasan buatan (AI) telah merevolusi masa depan sektor keamanan, menyoroti lebih banyak teknologi biometrik wajah contactless dan beragam penggunaannya di berbagai industri.

Artikel ini memberi panduan kepada Anda untuk memutuskan apakah pengawasan face recognition berteknologi AI cocok untuk bisnis Anda. Lalu fitur apa yang harus Anda cari saat memilih sistem pengenalan wajah, dan cara merancang sistem keamanan pintar yang hemat biaya.

Bagaimana Face Recognition Camera Bantu Keamanan dan Pengawasan?

Sistem pengawasan cerdas mengintegrasikan sensor dan visi komputer ke dalam sistem CCTV tradisional, memungkinkannya melakukan verifikasi identitas, mengirimkan peringatan instan ke staf keamanan, dan mengelola kontrol akses. Salah satu cara termudah dan paling banyak diadopsi untuk menciptakan sistem pengawasan cerdas adalah dengan memperkenalkan AI, khususnya teknologi face recognition.

Ada banyak keuntungan dari teknologi pengenalan wajah. Salah satu aplikasi yang paling umum adalah dalam manajemen keamanan. Untuk itu, mari kita lihat 5 manfaat penting dari mengintegrasikan pengenalan wajah ke dalam sistem keamanan dan pengawasan.

1. Peningkatan Efisiensi dan Keandalan

Teknologi pengenalan wajah meningkatkan efisiensi dan keandalan dalam verifikasi biometrik untuk menghindari kesalahan manusia. Perangkat lunak face recognition canggih seperti Xenus bahkan dapat diintegrasikan dengan sistem absensi dan kehadiran untuk melacak serta melaporkan riwayat absensi masuk/keluar karyawan secara otomatis.

Verifikasi identitas secara real-time menggunakan face recogniton membutuhkan upaya minimal dari pengguna akhir, memastikan proses verifikasi yang sangat mudah. Tidak perlu mengingat kata sandi, kartu identitas, atau perlengkapan lainnya, serta tidak perlu melakukan kontak fisik dengan perangkat keamanan bersama (misalnya, sidik jari atau keypad) untuk mendapatkan akses.

Faktanya, kualitas sistem akses berbasis face recognition camera tanpa sentuhan sangat disukai oleh bisnis dalam hal modalitas biometrik.

2. Memberikan Peringatan Real Time dan Memangkas Biaya Tenaga Kerja

Sistem keamanan tradisional mengharuskan personel keamanan untuk mengamati tempat dan mengawasi semua pergerakan untuk memverifikasi tamu dan menemukan penyusup. Sistem pengawasan cerdas yang didukung teknologi face racognition dapat memverifikasi identitas dengan memetakan identitas wajah orang tersebut dan memberikan peringatan secara langsung ketika peristiwa yang telah ditentukan terjadi, seperti orang yang masuk daftar blokir atau tamu VIP yang tiba di area resepsi.

Karena tingkat akurasi dan kecepatan face recognition yang tinggi, perusahaan dapat mengalokasikan sumber daya personel mereka dengan lebih baik dan mempersingkat waktu reaksi, sehingga mengurangi keseluruhan biaya operasional dalam jangka panjang.

3. Temukan Orang yang Menarik

Bila terjadi peristiwa kriminal (misalnya, pelanggaran atau pencurian), personel keamanan harus segera menemukan tersangka. Dengan bantuan sistem pengawasan face recognition, perusahaan dapat mencari orang tertentu dengan mengunggah gambar atau memotong wajah tertentu dari rekaman video. Hasil pencarian dapat menunjukkan kepada administrator apakah orang tersebut berada di tempat, kapan mereka datang/pergi pada hari itu, riwayat absensi masuk/keluar, dan bahkan melacak jejak lengkap orang tersebut di seluruh area bisnis yang dipantau.

Fitur people tracker juga memungkinkan pengguna untuk mencari berdasarkan objek dan bentuk tubuh, menggunakan fitur canggih seperti usia, jenis kelamin, warna pakaian, tas yang dibawa, dan banyak lagi. Dengan cara ini, meskipun kamera tidak menangkap gambar wajah yang jelas, Xenus Face Recognition Camera masih dapat mengidentifikasi orang tersebut dan memetakan rute lengkapnya.

Perangkat berbasis AI ini dirancang khusus untuk access control dan pengawasan. Selain itu, perangkat ini juga kompatibel dengan berbagai sistem manajemen video utama. Integrasi ini memungkinkan staf keamanan untuk beroperasi dalam dasbor antarmuka pengguna (UI) yang sama, sehingga mengurangi waktu onboarding untuk sistem yang benar-benar baru.

Baca juga: Bagaimana Cara Kerja Face Recognition Access Control dan Keunggulannya?

Faktor Kunci Sukses Penerapan Face Recognition

Saat menambahkan teknologi face recognition camera ke sistem yang sudah ada, Anda harus terlebih dahulu menentukan kendala utama dan faktor keberhasilan yang diperlukan untuk penerapan. Ada beberapa elemen-elemen menjadi faktor utamanya berikut ini.

  • Jenis sistem arsitektur apa yang sebaiknya digunakan.
  • Apakah Anda perlu menyimpan, meningkatkan, atau mengganti komponen perangkat keras seperti kamera keamanan?
  • Data apa yang harus Anda kumpulkan dan dimana data tersebut disimpan, apakah di server lokal atau di cloud?
  • Ukuran area yang ingin dipantau.
  • Seberapa besar skalabel solusi yang dibutuhkan.
  • Siapa yang akan dipantau oleh sistem pengawasan?
  • Jenis kamera apa yang dibutuhkan
  • Tentukan aturan privasi dan perlindungan data pribadi setempat untuk pengumpulan informasi pribadi dan biometrik.

UFace 5 Pro Series – Perangkat Lunak Face Recognition yang Lengkap

Uface 5 Pro ini adalah terminal all-in-one pengenalan wajah berbasis AI yang memiliki keandalan dan kinerja tinggi, yang dapat diterapkan untuk memberikan tingkat pengenalan berkecepatan tinggi dengan akurasi yang tak tertandingi. Dengan akurasi pengenalan wajah hingga 99%, perangkat ini mampu memverifikasi identitas pengguna secara cepat dan akurat. Selain itu, perangkat ini didukung oleh algoritme pembelajaran mendalam Uni-Ubi terbaru, kinerja anti-spoofing terhadap lingkungan yang dinamis dan serangan spoofing yang beragam telah ditingkatkan.

Perangkat ini memiliki berbagai modul tersedia, yang dapat memverifikasi identitas pengguna tidak hanya melalui kode QR tetapi juga sidik jari dan bahkan mode verifikasi hibrida. Hal ini membuat Uface 5 Pro memberikan perlindungan ekstra terhadap upaya peniruan identitas. Adapun beberapa fitur keren dari perangkat face recognition berikut ini.

1. My Face

Teknologi pengenalan wajah super cepat dan akurat, serta pelindungan algoritma deteksi langsung terhadap serangan foto, video, dan topeng 3D. Jadi, sekali kedip langsung ketahuan siapa Anda.

2. Tahan Banting

Perangkat Uface 5 Pro ini juga sudah berlabel IP65 yang berarti memiliki ketahanan yang sangat kuat, sehingga bisa jadi solusi untuk pengawasan outdoor. Dengan ketahanannya ini, Anda tidak perlu khawatir perangkat ini kalau terkena hujan dan debu.

3. Serba Bisa

Tidak cuma akurasi pengenalan wajah yang luar biasa, Uface 5 Pro juga punya kemampuan serba bisa, seperti membaca kartu akses, fingerprint dan QR code. Selain itu, perangkat ini juga didukung fitur layar sentuh yang semakin memudahkan penggunaannya.

4. Keamanan Tambahan

Uface 5 Pro juga memiliki keamanan tambahan yang akan memberikan perlindungan ekstra untuk pengawasan dan keamanan tempat bisnis Anda. Terdapat fitur khusus untuk mengecek apakah wajah yang dia scan menunjukkan orang asli atau hanya foto.

5. Add-On Check-in

Uface 5 Pro ini juga memiliki fitur yang bisa disebut add-on-check-in yang dapat Anda gunakan untuk sistem kehadiran karyawan. Fitur ini akan mencatat waktu masuk/keluar dan membatasi akses ke fasilitas tertentu melalui integrasi dengan sistem kunci pintu.

Baca juga: 11 Tips Memilih CCTY Berkualitas Sesuai Kebutuhan Bisnis Anda

Dengan berbagai fitur-fitur Uface 5 Pro yang lengkap dan penerapan fleksibel untuk berbagai lingkungan menjadikan perangkat ini solusi pengenalan wajah plug and play yang bernilai tinggi untuk keamanan cerdas saat ini. Jadi, singkatnya perangkat ini cocok untuk Anda yang membutuhkan sistem keamanan canggih, praktis, dan punya tampilan menarik.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang sistem keamanan face recognition camera, Anda bisa mengunjungi situs Camarjaya untuk berbagai produk pengenalan wajah lainnya. Anda bisa berkonsultasi dengan tim ahli kami untuk informasi tentang Uface 5 Pro disini.

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam

Kirim Pesan
Reach Us
Halo Camarjaya, saya ingin menanyakan mengenai layanan yang tersedia di PT. CamarIndah JayaPerkasa