PT. Camar Indah Jaya Perkasa

Logo Camar Jaya
face recognition untuk smart retail

Teknologi Pengenalan Wajah Solusi Tepat Untuk Smart Retail

Smart retail” mengacu pada penggunaan teknologi di lingkungan retail untuk meningkatkan pengalaman berbelanja secara keseluruhan dengan meningkatkan pengalaman pelanggan, menyederhanakan operasi, dan mengoptimalkan peluang penjualan.

Secara khusus, penerapan teknologi pengenalan wajah atau face recognition meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Sistem ini menarik perhatian berbagai solusi lengkap yang menyediakan keamanan toko yang ditingkatkan, pengalaman berbelanja yang dipersonalisasi untuk peserta program VIP/loyalitas, opsi pembayaran contactless, dan analisis pelanggan yang berharga.

Artikel ini mengulas penggunaan sistem pengenalan wajah sebagai solusi smart retail yang akan membantu meningkatkan penjualan retail Anda ke tingkat berikutnya.

Apa Itu Smart Retail?

Smart retail adalah ketika suatu bisnis menggunakan berbagai teknologi pintar untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik kepada pelanggan. Teknologi yang dipakai menggabungkan antara perangkat hardware seperti perangkat AIoT yang dilengkapi kamera, kios, atau tablet bersama dengan software AI untuk menciptakan lingkungan belanja hibrida.

Tujuannya adalah untuk mengubah secara digital toko fisik tradisional, lebih mendekatkan konsumen dan pengalaman berbelanja lebih intim, dengan kenyamanan dan daya tarik yang disesuaikan secara online.

Baca juga: Pengawasan Kantor Lebih Efisien dengan Face Recognition Camera

Untuk Apa Toko Retail Menggunakan Teknologi Pengenalan Wajah?

Belanja online menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan kemudahan membandingkan produk dan penawaran yang disesuaikan. Sementara itu, bisnis online juga membutuhkan izin dari pelanggan terdaftar untuk menyimpan profil mereka dan menganalisis perilaku mereka.

Dengan adanya teknologi face recognition dapat menghadirkan daya tarik belanja online dan berbasis aplikasi, sambil tetap mempertahankan beberapa keunggulan fisik yang unik.

Di sisi lain, pelanggan juga akan memperoleh manfaat dari penawaran yang dipersonalisasi dan proses pembayaran yang lebih mudah jika menyertakan face recognition. Kemudian dari segi administrasi retail, teknologi pengenalan wajah juga dapat memberikan manfaat besar bagi bisnis. Teknologi ini juga mempermudah para staf yang bekerja di bagian operasional harian, seperti absen masuk/keluar, menggunakan terminal POS, dan mengakses aset bisnis lainnya untuk memverifikasi identitas.

Selain itu, ada beberapa manfaat pengenalan wajah dalam keamanan dan pengawasan sistem smart retail

1. Analisis Bisnis

Solusi sistem face recognition dapat memberikan toko tradisional pandangan yang lebih luas tentang demografi dan perilaku pelanggan, seperti siapa yang membeli, apa dan kapan, bahkan menyediakan data tentang suasana hati pelanggan selama proses pembelian.

Dengan begitu, penghematan biaya dan keunggulan kompetitif dapat dicapai menggunakan data pelanggan, sekaligus menyediakan layanan pelanggan yang unggul. Hal ini akan membuat pembeli senang, merasa terlibat, dan royal. Untuk lebih jelasnya, berikut cara penggunaan teknologi pengenalan wajah untuk analisis retail:

  • Mengidentifikasi jam puncak traffic pengunjung dan demografi

Aturan 50/20 menyatakan bahwa toko-toko pada umumnya melihat sekitar 50% dari total lalu lintas pengunjung dan penjualan dalam seminggu hanya dalam 20 jam. Pemantauan sistem pengenalan wajah memungkinkan Anda mengetahui kapan segmen puncak ini terjadi. Ini mempermudah Anda menjadwalkan shift kerja karyawan yang tepat dan menampilkan inventaris baru.

Dapat mengetahui demografi pelanggan, seperti usia dan jenis kelamin, selama waktu puncak juga menguntungkan Anda sebagai pengelola atau pemilik. Informasi yang dikumpulkan dari teknologi face recognition dapat membantu Anda merencanakan penjualan, penawaran, dan tampilan secara akurat untuk menjangkau target audiens selama masa-masa penting.

  • Memahami Perilaku Pelanggan

Sulit untuk mengetahui perasaan konsumen tentang pengalaman mereka berbelanja, atau tentang produk yang mereka beli atau hindari. Sistem pengenalan wajah dapat membantu dengan menilai dan memetakan emosional mereka.

Analisis ini digunakan untuk mengevaluasi, dan jika diperlukan dapat dimanfaatkan untuk membuat penyesuaian pada area, seperti harga, tampilan, serta layanan pelanggan. Dengan sistem pengenalan wajah, Anda juga dapat mempelajari tren perilaku pelanggan. Menganalisis tren perilaku seperti apakah pelanggan yang berpasangan membeli lebih impulsif atau apakah kelompok yang lebih banyak membeli barang sebagai hadiah, akan membuka dimensi baru analitik di dalam toko.

  • Aplikasi Kios dan Signage Smart Digital

Analisis konsumen berbasis data dapat meningkatkan penjualan secara signifikan membantu Anda membuat iklan yang secara akurat menargetkan semua audiens. Namun, dengan papan reklame digital, Anda dapat merotasi iklan berdasarkan demografinya, seperti rentang usia dan jenis kelamin.

Demikian pula, kios digital yang menggunakan face recognition dapat memberikan rekomendasi kepada pelanggan dan menyediakan fungsi pembayaran mandiri dengan opsi contactless payment.

2. Program VIP dan Loyalitas

Pelanggan VIP dan loyal merupakan aset terbesar karena mereka menyebarkan awareness tentang merek bisnis Anda serta bertindak sebagai duta produk Anda. Dengan demikian, memperlakukan VIP seperti bangsawan, termasuk menyesuaikan setiap aspek pengalaman mereka bila memungkinkan, merupakan strategi yang berharga.

  • Bagaimana face recognition dapat meningkatkan kunjungan toko?

Teknologi pengenalan wajah memungkinkan pelaksanaan program VIP dan loyalitas memberikan pengalaman menarik bagi pelanggan yang telah mendaftar. Staf dapat menerima peringatan saat pelanggan tertentu memasuki toko, dengan perintah untuk menyapa pelanggan tersebut dengan namanya.

Jika dipasangkan dengan solusi CRM (Customer Relationship Management), anggota staf dapat menarik preferensi dan riwayat pembelian pelanggan untuk membuat rekomendasi khusus dan menawarkan promosi yang disesuaikan. Selama proses pembayaran, staf dapat secara otomatis menerapkan hadiah dan promosi tanpa perlu kartu loyalitas fisik.

  • Bagaimana face recognition dapat meningkatkan pengalaman pasca kunjungan?

Face recognition terintegrasi mulus dengan program loyalitas yang ada. Pelanggan yang ikut serta akan mendapatkan poin hadiah, kupon, dan diskon secara otomatis karena sistem mengenalinya saat pembayaran.

Pelanggan VIP bisa mendapatkan saran yang disesuaikan melalui tampilan toko digital. Para staf dapat langsung melihat riwayat pembelian untuk memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi saat pelanggan berkunjung. Teknologi face recognition juga membantu memperkuat loyalitas merek.

3. Keamanan dan Pencegahan Kerugian

Pencurian di toko retail telah lama menjadi masalah besar bagi pemilik toko. Penerapan sistem pengenalan wajah akan membantu Anda meningkatkan keamanan dengan beberapa skenario berikut ini.

  • Mengidentifikasi individu yang masuk daftar blokir

Dengan memeriksa ulang setiap orang yang memasuki toko berdasarkan basis data pencuri yang sudah teridentifikasi, sistem face recognition dapat mendeteksi dan mencegah adanya pelanggaran. Kamera keamanan dengan fitur pengenalan wajah akan dapat langsung mengidentifikasi pelanggar, dan sistem segera memberitahu petugas tentang identitas orang tersebut. 

Menetapkan daftar blokir pelaku pelanggaran akan sangat membantu mengurangi kesalahan dan menghilangkan bias. Dengan begitu petugas dapat fokus menjaga keamanan pengunjung dan karyawan.

  • Mengamankan Area Terlarang

Banyak toko retail dan pusat perbelanjaan yang memiliki area terbatas. Kamera keamanan dan smart door locks yang dilengkapi sistem pengenalan wajah dapat mengontrol akses, dan hanya dapat dibuka oleh petugas yang berwenang.

Perangkat teknologi pengenalan wajah, dapat diintegrasikan ke dalam sistem keamanan dan pengawasan yang ada di toko retail untuk mendeteksi orang yang dicurigai berdasarkan template wajah yang telah didaftarkan sebelumnya. Salah satunya dengan menggabungkan kamera smart CCTV  dengan perangkat AI box dari Camarjaya. Perangkat berbasis AI ini dapat terintegrasi ke dalam banyak sistem manajemen video CCTV. Selain itu, Anda juga dapat mengelola manajemen pengunjung dengan mengaktifkan fitur people counting.

Artinya, Anda hanya perlu satu kali investasi pada hardware baru ini dan perusahaan mungkin dapat mengurangi biaya tenaga kerja sekaligus meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Sistem pengenalan wajah berbasis AI dapat menjangkau lebih dari sekadar pengaman area terlarang, serta berfungsi mengenali pelanggan VIP.

4. Manajemen Waktu dan Kehadiran Karyawan

Dengan menggunakan sistem pengenalan wajah, Anda dapat mengetahui secara tepat kapan seorang karyawan datang, beristirahat, dan pulang kerja. Hal ini meningkatkan akurasi kehadiran dan penggajian yang lebih efisien. Dengan begitu, Anda tidak membutuhkan lagi kartu absensi yang rentan hilang atau rusak.

5. Sistem Pembayaran

Sistem point-of-sales (POS) yang menggunakan teknologi pengenalan wajah dapat memverifikasi identitas pelanggan dan mengotorisasi pembayaran dengan cepat dan mudah. Seperti metode verifikasi biometrik lainnya, pelanggan tidak perlu mengeluarkan kartu kredit atau smartphone untuk membayar.

Face recognition juga membantu mencegah transaksi penipuan. Bahkan jika kartu atau smartphone Anda dicuri, teknologi anti-spoofing terbaru mencegah penjahat mengelabui sistem pengenalan wajah.

Mesin kasir dan terminal POS bahkan dapat mengintegrasikan face recognition untuk karyawan yang berwenang, dan membutuhkan otorisasi untuk transaksi tertentu.

Baca juga: Seberapa Amankah Teknologi Anti Spoofing Face Recognition?

Masa Depan Face Recognition di Toko Retail

Dengan teknologi pengenalan wajah pada kamera CCTV, Anda tidak hanya meningkatkan keamanan bisnis tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan. Teknologi ini juga membantu mengelola kehadiran karyawan dan keamanan toko lebih baik, serta menyediakan personalisasi bagi VIP dan anggota program loyalitas.

Investasi dalam teknologi smart retail tersebut akan memastikan pihak retail terus menyediakan pengalaman terbaik di dalam toko bagi pelanggan, meningkatkan loyalitas merek, dan tentunya meningkatkan penjualan.

Untuk informasi lengkap tentang teknologi face recognition dan cara penerapannya, Anda bisa langsung menghubungi tim ahli kami disini secara gratis. Konsultasikan segera kebutuhan Anda sekarang juga!

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam

Kirim Pesan
Reach Us
Halo Camarjaya, saya ingin menanyakan mengenai layanan yang tersedia di PT. CamarIndah JayaPerkasa