PT. Camar Indah Jaya Perkasa

tips memilih alarm kebakaran

7 Tips Memilih Alarm Kebakaran Terbaik untuk Konstruksi Anda

Bahaya kebakaran dapat menimbulkan risiko serius bagi semua orang di sekitar lokasi konstruksi. Jika Anda adalah orang yang bertanggung jawab akan keselamatan dan keamanan kerja di tempat Anda bekerja, memilih alarm kebakaran terbaik termasuk salah satu yang harus jadi prioritas Anda. Apapun jenis bisnisnya, alarm kebakaran menjadi suatu keharusan karena kita tidak dapat memprediksi kebakaran. Selain itu, penundaan sedetik saja dalam tindakan dapat mengakibatkan konsekuensi yang dahsyat.

Memiliki sistem alarm untuk kebakaran merupakan langkah awal. Namun, memilih sistem yang tepat bisa jadi lebih sulit dari kelihatannya. Itulah sebabnya kami menyusun 7 tips bagaimana cara menentukan sistem alarm kebakaran untuk lokasi konstruksi Anda. Baca terus untuk mengetahui kiat-kiatnya berikut ini.

Apa yang Membuat Sulit Dalam Memilih Alarm Kebakaran Untuk Konstruksi

Langkah pertama untuk mencegah kerusakan akibat kebakaran, baik fisik maupun finansial adalah memasang sistem deteksi kebakaran. Tujuannya untuk memastikan semua orang dievakuasi dari gedung secepat mungkin sesuai dengan rencana evakuasi darurat kebakaran. Hal ini berlaku juga untuk bangunan permanen dan lokasi konstruksi, sehingga pemilihan sistem alarm yang sesuai harus menjadi prioritas untuk keduanya. Akan tetapi, lokasi konstruksi menghadirkan serangkaian tantangan yang berbeda karena sifatnya yang selalu berubah.

Seiring berjalannya waktu, lantai baru dibangun dan dinding baru ditambahkan, tata letak lokasi bangunan, serta bahaya kebakaran yang terus berubah. Oleh karena itu, penerapan langkah-langkah keselamatan dan keamanan kerja yang fleksibel dalam konstruksi menjadi sangat penting.

Baca juga: Semua yang Harus Anda Ketahui Tentang Fungsi Sistem Alarm Kebakaran

Tips Memilih Sistem Alarm Kebakaran di Lokasi Konstruksi

Untuk memberikan Anda solusi deteksi kebakaran yang lebih adaptif, sebaiknya Anda menggunakan nirkabel dan melihat alarm kebakaran sementara sebagai opsi terbaik untuk proyek bangunan yang ada di masa mendatang. Meski demikian, ada banyak pertimbangan lain yang perlu dipertimbangkan saat merencanakan dasar strategi manajemen keselamatan kebakaran Anda. Berikut ini tips memilih alarm kebakaran untuk Anda.

  1. Ukuran Itu Penting

    Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah perhatikan ukuran konstruksinya. Jika Anda menangani ruangan yang lebih kecil, seperti renovasi ruangan tertentu atau area yang terbatas, maka alarm kebakaran yang berdiri sendiri mungkin sudah cukup. Namun, alarm ini dirancang hanya untuk memberitahu orang-orang di lokasi tertentu sejauh kemampuan bunyinya. Apabila Anda bertanggung jawab atas proyek bangunan yang mencakup beberapa area dan lantai, Anda harus mempertimbangkan hal tersebut untuk mendapatkan sistem alarm pendeteksi kebakaran yang saling terhubung.

    Alarm yang saling terhubung terdiri dari beberapa unit individual yang berkomunikasi satu sama lain menggunakan frekuensi radio. Jadi, jika terjadi kebakaran, informasi tentang bahaya yang akan terjadi dibagikan melalui jaringan dan orang-orang di seluruh lokasi diberitahu bahwa ada keadaan darurat. Dengan begitu, proses evakuasi dapat segera dilakukan.

  2. Pertimbangkan Pilihan Power Supply Anda

    Di lokasi konstruksi, akses ke jaringan listrik utama mungkin menjadi tantangan tersendiri jika menyangkut daerah terpencil dan lokasi yang sulit diakses. Memastikan kabel yang diperlukan untuk menyalakan alarm kebakaran dapat menjadi hal yang sangat rumit, terutama jika tata letak lokasi konstruksi berubah seiring waktu. Inilah sebabnya mengapa pilihan terbaik Anda saat memilih sistem alarm kebakaran nirkabel untuk lokasi konstruksi adalah dengan mempertimbangkan perangkat deteksi kebakaran mandiri.

    Perangkat tersebut adalah alarm kebakaran wireless yang dioperasikan dengan baterai dan tidak bergantung pada jaringan listrik utama untuk berfungsi. Dengan masa pakai baterai yang dapat bertahan hingga beberapa tahun, Anda akan terlindungi selama proyek berlangsung. Lalu bahaya lain yang harus Anda hindari adalah kerentanan terhadap pemadaman listrik. Alarm kebakaran yang dioperasikan dengan baterai akan tetap berfungsi bahkan jika terjadi masalah pada seluruh sistem kelistrikan, sehingga memberikan perlindungan maksimal bagi pekerja Anda dalam situasi darurat.

  3. Pertimbangkan Variasi

    Bila Anda berencana memasang sistem keselamatan kebakaran di lokasi konstruksi, sebaiknya Anda menyiapkan beberapa opsi. Misalnya, alarm kebakaran wireless tertentu dapat diatur agar hanya aktif di area tertentu, sesuai kebutuhan berdasarkan asal api, sehingga evakuasi dapat dilakukan secara bertahap dan teratur sesuai kebutuhan untuk menghindari kepanikan massal.

    Anda juga dapat memasang sistem alarm pertolongan pertama secara terpisah. Sistem ini bekerja secara berbeda dari alarm kebakaran biasa karena panggilan pertolongan pertama tidak selalu berarti evakuasi menyeluruh. Saran kami adalah mempertimbangkan untuk memiliki sistem alarm kebakaran variabel yang memiliki beberapa jenis alarm untuk mengatur prosedur evakuasi seefisien mungkin.

  4. Kendalikan Keselamatan Kebakaran Anda

    Tetap fokus pada penerapan strategi manajemen keselamatan kebakaran Anda sangat penting untuk keberhasilannya. Dengan memilih alarm kebakaran yang menawarkan kemampuan notifikasi jarak jauh, Anda dapat merasa tenang karena mengetahui bahwa Anda akan diberi tahu secara otomatis jika terjadi kebakaran, sehingga Anda dapat mengambil tindakan segera.

    Alarm kebakaran tidak hanya untuk memberi tahu layanan darurat kebakaran secara otomatis, tetapi juga dapat diatur untuk mengirimkan peringatan langsung ke perangkat seluler Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan pemberitahuan push melalui aplikasi atau SMS, serta email. Ini adalah cara paling aman untuk memastikan bahwa Anda memiliki visibilitas penuh terhadap keselamatan di lokasi pembangunan Anda dan bahwa Anda dapat turun tangan jika diperlukan segera ketika keadaan darurat terjadi.

  5. Perhatikan Call Point Alarm Kebakaran

    Pernahkah Anda memperhatikan kotak-kotak kecil berwarna hijau atau merah dengan pegangan di atasnya? Itu adalah call point atau titik panggilan alarm kebakaran dan seringkali merupakan kebutuhan hukum bagi bisnis. Untungnya, kotak-kotak ini relatif serupa dimana pun Anda melihatnya, meskipun bentuknya dan skema warnanya sedikit berbeda. Call point ini bekerja dengan cara sederhana. Ada kaca kecil yang menutupi tombol atau tuas kecil. Jika terjadi kebakaran, seseorang dapat memecahkan kaca tersebut dengan cepat dan membunyikan alarm. Bertindak cepat dapat memungkinkan petugas tanggap darurat dan pemadam kebakaran tiba tepat waktu.

  6. Berinvestasilah Pada Fungsionalitas

    Pada kenyataannya tidak semua sistem alarm wireless dibuat sama. Pasar berkembang pesat dengan inovasi dan teknologi baru yang, sehingga untuk tetap menjaga keselamatan kebakaran, ada baiknya Anda memikirkan peningkatan fungsionalitas dan kemampuan yang lebih besar. Sistem alarm kebakaran dapat mencakup call point manual, stasiun pangkalan, detektor asap, dan detektor panas. Namun, itu hanyalah hal-hal dasar dan masih banyak lagi yang bisa Anda cari.

    Misalnya, sistem alarm kebakaran wireless modern juga mencakup hal-hal seperti lampu LED dan lampu sorot, pemberitahuan visual tambahan tentang bahaya yang dapat membantu siapa pun yang mengalami gangguan pendengaran untuk mengungsi dengan aman. Sistem yang canggih, seperti AI PYROTECHNIC DETECTION CAMERA dari Xenus, bahkan dilengkapi dengan sensor uap dan kemampuan respons yang cepat untuk skenario universal hanya dalam hitungan detik.

  7. Cari Alarm dengan Jangkauan yang Cukup Luas

    Jaringan alarm wireless memiliki jangkauan dan spesifikasi berbeda. Untuk memastikan bahwa opsi yang dipilih sesuai dengan persyaratan lokasi konstruksi tertentu, Anda harus mempertimbangkan sejumlah faktor termasuk kekuatan frekuensi radio, tingkat output suara, jumlah unit yang bisa diintegrasikan ke dalam sistem deteksi kebakaran, perkiraan masa baterai, dan jangkauan deteksi.

    Jika Anda tidak spesifikasi apa yang dibutuhkan untuk lokasi konstruksi Anda, sebaiknya Anda menghubungi tim yang memang ahli alarm kebakaran untuk mendapatkan saran saat masih dalam tahap perencanaan

Butuh Tenaga Ahli Sistem Alarm Kebakaran Untuk Konstruksi?

Camarjaya mengkhususkan diri dalam pengembangan, pembuatan, pemasangan, dan pemeliharaan berbagai produk sistem keamanan termasuk alarm kebakaran. Kami selalu berupaya menemukan solusi yang paling efektif dan hemat biaya bagi klien kami, dengan memadukan kemudahan penggunaan dan fitur inovatif yang terus ditambahkan. Oleh karena itu, memilih alarm kebakaran yang tepat untuk properti Anda adalah langkah penting dalam memastikan keselamatan dan perlindungan yang optimal.

Baca juga: Alasan Sistem Alarm Keamanan Berbasis IoT lebih Unggul Dibandingkan Tradisional

Kenyamanan Anda adalah prioritas kami! Jika Anda butuh informasi lebih lanjut, langsung konsultasikan secara GRATIS dengan tim kami sekarang juga.

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam

Kirim Pesan
Reach Us
Halo Camarjaya, saya ingin menanyakan mengenai layanan yang tersedia di PT. CamarIndah JayaPerkasa