Property management system (PMS) atau sistem manajemen properti hotel adalah solusi perangkat lunak yang memungkinkan pihak hotel mengelola sendiri seluruh bisnisnya secara efektif. Mulai dari pemesanan dan check-in hingga penagihan serta alokasi kamar.
Sebagai pusat dari seluruh aktivitas hotel, PMS hotel dapat menyederhanakan pekerjaan karyawan dan memberikan layanan yang lebih baik kepada tamu. Untuk informasi lebih lanjut tentang sistem manajemen properti yang ada pada bisnis hotel, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
Apa Itu Sistem Manajemen Properti Hotel (PMS)?
Sistem manajemen properti adalah platform perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan operasional berbagai industri termasuk perhotelan. Sistem ini merupakan pusat yang mengelola semua aspek operasi hotel, termasuk reservasi, check-in/check-out, alokasi kamar, tagihan dan faktur, manajemen kamar, dll.
PMS hotel dapat menyederhanakan pekerjaan harian staf hotel, meningkatkan efisiensi, menghemat tenaga kerja, dan meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan. Property management system hotel mampu menyederhanakan pekerjaan harian staf hotel, meningkatkan efisiensi, menghemat biaya tenaga kerja, hingga meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.
Pihak manajemen hotel, sangat penting untuk memiliki sistem yang andal, apapun skala ukuran hotelnya. PMS bisa jadi solusi berharga yang membantu staf hotel untuk menyederhanakan operasi mereka, mulai dari mengelola reservasi dan alokasi kamar hingga melacak informasi tamu dan menangani tagihan.
Baca juga: Pentingkah Sistem Kontrol Akses Untuk BIsnis Perhotelan?
Merevolusi Pengalaman Pengunjung dengan PMS
Pertanyaannya sekarang bagaimana sistem manajemen properti mampu meningkatkan pengalaman pengunjung yang lebih baik? Berikut ini ulasannya.
1. POS Membuat Operasional Jauh Lebih Mudah
Apabila dipadukan dengan sistem point-of-sales (POS), PMS hotel dapat meningkatkan manajemen pendapatan hotel ke tingkat yang baru. Kombinasi ini dapat membantu Anda dengan mudah mengelola reservasi kamar dan check-in tamu, pada saat yang sama, para tamu juga dapat memesan makanan di restoran dan memesan berbagai layanan yang disediakan oleh hotel.
Pembayaran contactless yang diwujudkan oleh sistem POS akan menyederhanakan langkah dan waktu penagihan, serta memotong biaya hanya dengan satu klik saat mengirimkan pesanan.
Tak hanya itu, integrasi dengan sistem POS membantu pihak hotel dalam kelancaran komunikasi dan transaksi berbagai departemen di hotel, termasuk restoran, bar, dan layanan spa. Melalui data antara PMS dan sistem POS, pengeluaran tamu dapat secara otomatis dicatat ke akun mereka tanpa risiko kesalahan atau keterlambatan tagihan.
Jika terdapat keraguan pada data laporan pelanggan, maka data tersebut juga dapat dilihat melalui sistem untuk menghindari masalah dan konflik yang tidak perlu. Dibandingkan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau tunai, POS tidak hanya menyederhanakan proses penagihan tetapi juga mengurangi kemungkinan menerima uang palsu.
2. Smart Locks Hotel Beri Lapisan Keamanan Untuk Pelanggan
Smart locks hotel berkualitas tinggi merupakan salah satu langkah perlindungan paling aman bagi pengunjung. Jika Anda membeli smart locks yang disediakan oleh Camarjaya, rata-rata memiliki daya tahan baterai yang tahan lama dan alarm anti perusakan. Perangkat pintar ini pastinya menambah perlindungan yang kokoh untuk keselamatan tamu dan manajemen hotel.
Salah satu keuntungan utama dari smart locks yakni menghilangkan kebutuhan akan kunci tradisional, yang mudah hilang dan disalin. Sebagai gantinya, berikan tamu kunci kartu yang aman untuk memastikan bahwa hanya orang yang berwenang yang dapat memasuki kamar.
Kartu kunci ini memungkinkan mereka untuk naik lift dan menggesekkan kartu untuk dapat masuk ke kamar penginapan. Dengan mengintegrasikan smart locks dengan sistem manajemen properti hotel, maka Anda dapat lebih meningkatkan strategi keamanan dan menyederhanakan operasi.
3. Mengubah Pengalaman Pengunjung Hotel
Kombinasi PMS dan POS dapat mewujudkan komunikasi yang lancar antara berbagai departemen di hotel, sehingga meningkatkan efisiensi dan pelayanan ke pengunjung jadi lebih baik.
Informasi yang disimpan oleh tamu dapat dengan mudah dibagikan antar sistem, memastikan bahwa karyawan memiliki semua informasi terperinci yang diperlukan, menyediakan layanan yang dipersonalisasi untuk setiap tamu, dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Selain itu, kombinasi tersebut memberikan wawasan berharga tentang preferensi dan kebiasaan konsumsi pengunjung. Data yang dikumpulkan dapat membantu pelaku bisnis perhotelan membuat keputusan bijak dalam strategi penetapan harga, aktivitas pemasaran, dan operasi bisnis secara keseluruhan.
Secara umum, kedua sistem ini dapat meningkatkan kepuasan pengunjung dan mendorong pertumbuhan bisnis Anda dengan menyederhanakan operasional.
Baca juga: Tujuan Pasang Sistem Elevator Card Access dan Manfaatnya Bagi Hotel
4. Hemat Waktu dengan Kartu Serbaguna
Integrasi antara sistem manajemen properti hotel dan sistem kunci hotel juga dapat membantu Anda menyederhanakan proses check-in dan check-out tamu. Dengan kunci kartu yang disediakan oleh resepsionis, tamu dapat dengan mudah memasuki kamar. Hal ini tidak hanya menghemat waktu bagi tamu dan karyawan, tetapi juga meningkatkan pengalaman tamu.
Saat kunci kartu di colokan ke sakelar daya RFID kamar, lampu akan langsung menyala. Pada saat yang sama, Anda juga dapat menyalakan AC, TV, dan peralatan listrik lainnya yang ada di kamar hotel.
Selama pengunjung meninggalkan kamar dan membawa kunci kartu, semua fasilitas listrik akan otomatis mati. Hal ini tentu saja dapat mengurangi pemborosan sumber daya yang disebabkan oleh tamu yang lupa mematikan sakelar dan juga menghemat biaya untuk hotel dan operasi lainnya.
Melalui data yang tersimpan dalam sistem PMS, staf hotel dapat dengan cepat melakukan check-in dan check-out tamu, memperbarui ketersediaan kamar secara real-time, dan memastikan semua pengeluaran tercatat secara akurat. Hal tersebut mengurangi kesalahan dan keterlambatan check-in dan check-out, sehingga meningkatkan kepuasan pengunjung.
Secara umum, sistem manajemen properti merupakan alat yang komprehensif untuk digunakan pada bisnis perhotelan. Dengan begitu, hotel-hotel modern berharap untuk menyederhanakan operasi Anda, meningkatkan kepuasan tamu, dan menjadikan mereka tamu yang loyal, yang dapat memaksimalkan potensi pendapatan hotel.
Dengan bantuan solusi software ini, hotel dapat mengelola bisnis mereka dengan lebih baik. Tujuannya tentu saja meningkatkan potensi pendapatan, meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kinerja keseluruhan dalam industri perhotelan yang terus berkembang.
Jangan lupakan juga untuk meningkatkan sistem keamanan hotel Anda. Untuk kebutuhan keamanan yang andal, Anda bisa menghubungi tim kami disini untuk berkonsultasi secara gratis.Kami menyediakan berbagai macam produk access control dengan teknologi canggih untuk meningkatkan keamanan bisnis hotel Anda, seperti elevator card access, RFID access control, dan lain sebagainya.