PT. Camar Indah Jaya Perkasa

kamera keamanan untuk bisnis

Bagaimana Kamera Keamanan Memperkuat Keamanan Bisnis Anda?

Sistem kamera keamanan bisnis bukanlah hal baru di era teknologi saat ini. Namun, tetap saja menjadi salah satu alat terpenting untuk melindungi properti, karyawan, dan pengunjung Anda. Kamera ini memungkinkan Anda untuk terus memantau bisnis Anda, terlepas dari apakah hari itu sedang sibuk atau semua orang sudah pulang untuk akhir pekan.

Kepentingan bisnis Anda akan terlindungi melalui kamera tersembunyi berdefinisi tinggi yang dipasang di sudut-sudut kantor hingga alat yang terlihat jelas di depan pintu masuk properti. Dari kamera tersebut dapat membantu Anda dan personel keamanan mencegah kejahatan, serta menjaga semua orang tetap aman.

Saat ini begitu banyak pilihan kamera pengawas yang tersedia, tetapi yang terpenting Anda harus dapat memahami perbedaan antara sistem kamera dan bagaimana sistem tersebut dapat terintegrasi dengan komponen keamanan lainnya.

Dasar Sistem Kamera Keamanan Untuk Bisnis

Sistem kamera pengawas bisnis terdiri dari satu atau beberapa kamera, perekam, dan perangkat lunak yang bekerja sama untuk membuat rekaman video di properti komersial Anda. Menariknya adalah sistem ini mampu terus-menerus melakukan streaming dan merekam aktivitas di dalam atau sekitar lokasi bisnis Anda.

Namun, ada beberapa hal dasar yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan sistem pengawasan video untuk properti komersial Anda berikut ini.

1. Membandingkan Sistem Kamera Keamanan Perumahan dan Bisnis

Banyak orang saat ini menggunakan kamera pengawas di komplek perumahan untuk melindungi aset rumah dan keluarga mereka. Memang kamera ini jauh lebih murah dibandingkan sistem keamanan bisnis. Di sisi lain, ada beberapa pemilik bisnis yang mungkin mempertimbangkan untuk menggunakannya guna menekan biaya pengeluaran.

Meskipun pada awalnya membeli sistem security camera rumah tampak seperti investasi yang lebih murah, tetapi ada kekurangan yang signifikan. Kamera pengawas rumah biasanya memiliki kapasitas penyimpanan data yang lebih kecil dan masa pakai yang lebih pendek. Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah kamera tersebut tidak memiliki opsi integrasi seperti dalam sistem kamera CCTV modern.

2. Kemampuan Sistem Security Camera Untuk Bisnis

Kamera pengawas bisnis memiliki cakupan mulai dari yang sederhana hingga yang rumit. Kamera-kamera ini dapat memiliki berbagai fitur, termasuk di dalamnya yaitu:

  • Streaming video real-time: Video real-time memungkinkan personel keamanan dan administrator untuk terus memantau aktivitas di lingkungan properti Anda, sehingga dapat bereaksi dengan segera jika terjadi keadaan darurat.
  • Rekaman video: Sistem kamera keamanan bisnis merekam dan menyimpan rekaman sehingga Anda dapat memeriksa saat dibutuhkan. Selain itu kamera ini dapat membantu Anda mengevaluasi kinerja bisnis dan karyawan Anda, serta membantu penyelidik dalam mengidentifikasi tersangka apabila terjadi kejahatan.
  • Analisis video: Beberapa sistem kamera memiliki kemampuan analisis video yang menganalisa rekaman video untuk mengidentifikasi potensi masalah atau risiko keamanan secara otomatis dengan mendeteksi gerakan atau gangguan yang tak biasa.
  • Penglihatan malam: Sebagian besar kamera CCTV saat ini menggunakan teknologi seperti deteksi panjang gelombang inframerah untuk menangkap rekaman yang lebih jelas baik di siang hari maupun malam hari.
  • Integrasi dengan access control: Menempatkan kamera pengawas di pintu masuk properti bisnis Anda merupakan cara populer untuk melacak siapa yang masuk dan keluar, terutama jika Anda menggunakan sistem kontrol akses seperti CCTV face recognition.
  • People counting: Kamera CCTV modern saat ini ada beberapa yang sudah dibekali fitur people counting atau menghitung pengunjung. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengetahui berapa orang yang datang ke properti komersil Anda, sehingga Anda dapat memantau manajemen pengunjung lebih baik lagi.

Semakin kaya fitur sistem kamera pengawas Anda, semakin tinggi pula harganya. Namun, banyak fitur canggih yang saat ini semakin umum ditemukan pada kamera CCTV berapa pun harganya.

3. Evolusi Kamera CCTV

Sejak penemuannya, security camera system telah mengalami perubahan drastis. Sistem analog dasar atau televisi sirkuit tertutup (CCTV) jadi awal sistem keamanan yang sudah ada sejak tahun 1920-an, dan hanya dimungkinkan untuk pemantauan. Perangkat rekaman video baru muncul setelah penemuan VCR di tahun 1970-an.

Jika Anda melihat rekaman sistem CCTV lama, gambar yang dihasilkan biasanya terlihat kasar, buram, dan gelap. Banyak kamera baru di pasaran sekarang yang memiliki gambar beresolusi tinggi dan tajam, sehingga memudahkan untuk mengetahui apa yang terjadi.

Kamera-kamera tersebut menjadi jauh lebih populer dalam beberapa tahun terakhir, dengan satu survei menemukan bahwa 30% kamera keamanan untuk keperluan bisnis pada tahun 2022 memiliki resolusi tinggi. Pertumbuhannya meningkat hanya 10% dari tahun 2016 lalu.

Selain kualitas video yang lebih baik, banyak kamera pengawas modern juga punya fitur-fitur canggih, seperti:

  • Deteksi gerakan: Gerakan memicu sensor dan memberi perintah kamera untuk melacak gerakan atau mulai merekam.
  • Akses jarak jauh dan notifikasi: Beberapa kamera saat ini sudah dapat terhubung ke aplikasi di perangkat seluler, seperti smartphone. Hal ini memudahkan Anda memantau umpan dan bereaksi terhadap peringatan dari lokasi mana pun.
  • Pengenalan wajah AI: Kehadiran kecerdasan buatan (AI) memungkinkan beberapa kamera pengawas untuk menganalisis dan mengidentifikasi wajah manusia secara real-time.
  • Penyimpanan cloud: Daripada menyimpan rekaman di tempat, bisnis dapat mengunggahnya ke layanan cloud, serta menghemat banyak ruang dan uang.

Kedepannya, para ahli memperkirakan bahwa fitur dan fungsi ini akan menjadi lebih umum. Misalnya, semakin banyak bisnis yang beralih ke penyimpanan cloud. Seiring dengan beralihnya keamanan fisik bisnis ke cloud, menemukan solusi yang terintegrasi dengan sistem berbasis cloud seperti access control sangatlah penting.

Baca juga: Bagaimana Teknologi People Tracking Mampu Mencari Orang Hilang?

Lokasi Umum Untuk Kamera Keamanan

Memastikan setiap inci properti Anda terlihat oleh kamera pengawas merupakan sebuah tantangan, terutama jika memiliki ruangan yang besar atau bertingkat. Untuk memaksimalkan keamanan dan nilai sistem Anda, tempatkan kamera di tempat yang rentan atau terbuka seperti berikut ini.

1. Pintu Masuk

Kamera pengawas di pintu masuk gedung membantu mencegah penyusup dan dapat dipasangkan dengan sistem access control seperti Uface atau CCTV face recognition.

2. Lift

Pemasangan kamera CCTV di dalam lift pada suatu gedung komersil sangat diperlukan karena lift tertutup dan sulit dipantau.

3. Tempat Parkir

Kerusakan properti dan vandalisme sering terjadi di area parkir, sehingga keberadaan kamera pengawas menjadi sangat penting untuk menjaga keamanan.

4. Ruang Inventaris dan Penyimpanan

Mengintegrasikan security camera dan access control mampu melindungi aset bisnis dan mencegah potensi kerugian, seperti perlengkapan kantor atau barang-barang di gudang yang berharga dicuri atau dirusak.

5. Area yang Berpotensi Bahaya

Jika ada area di lingkungan bisnis Anda yang mungkin beresiko bagi pengunjung atau karyawan karena mesin atau bahan kimia berbahaya, sebaiknya pasang kamera CCTV demi tujuan keselamatan.

Namun, perlu diingat bahwa ada beberapa lokasi yang mengharuskan untuk menjaga privasi, seperti kamar mandi. Memasang kamera pengawas di lokasi tersebut adalah tindakan melanggar hukum. Banyak bisnis menggunakan rambu untuk mengkomunikasikan keberadaan kamera guna menghindari masalah hukum semacam ini.

Baca juga: 9 Lokasi Penting di Rumah sakit yang Perlu Dipasang CCTV

Mengintegrasikan Security Camera Bisnis dengan Access Control

Salah satu fungsi terpenting dari kamera keamanan bisnis adalah kenyataan bahwa Anda dapat mengintegrasikannya dengan komponen keamanan lainnya. Salah satunya adalah menghubungkan kamera dengan sistem kontrol akses untuk membangun fondasi sistem keamanan komersial yang komprehensif.

Menggunakan kamera pengawas yang diintegrasikan dengan access control menciptakan jaringan keamanan yang lancar dan secara bersamaan menangani manajemen akses dan verifikasi visual. Sistem kontrol akses memberi Anda kewenangan untuk mengizinkan atau menolak akses masuk, sehingga memastikan hanya personel atau tamu yang berwenang saja yang dapat mengakses properti.

Sementara itu, kamera merekam setiap akses masuk dan keluar, baik yang sah maupun tidak sah. Hal ini memungkinkan Anda memperoleh wawasan tentang insiden keamanan dan meningkatkan strategi Anda.

Maksimalkan Manfaat Kamera Keamanan Bisnis dengan Smart CCTV

Memasang beberapa kamera mungkin terlihat seperti langkah kecil, tetapi dapat memberikan keuntungan besar dalam hal keamanan, efisiensi operasional, dan penghematan finansial. Sistem keamanan bisnis dengan memasang lebih banyak kamera memungkinkan mencegah pencurian, penipuan, dan vandalisme, sekaligus meningkatkan produktivitas dan keselamatan karyawan.

Saat Anda memasang kamera dengan sistem access control, Anda dapat memaksimalkan pengelolaan akses, meningkatkan pengalaman pengguna, dan menyederhanakan operasi. Oleh karena itu, Camarjaya hadir untuk memenuhi kebutuhan sistem kamera pengawas bagi bisnis Anda.Sebagai distributor produk security system andal dan terpercaya, kami menyediakan paket smart CCTV beserta perangkat AI box. Di dalam paket tersebut sudah lengkap tersedia berbagai fitur-fitur canggih untuk kebutuhan sistem keamanan Anda, seperti face recognition, people counting, pengukuran suhu, dan masih banyak lagi. Yuk, segera pesan demo untuk melihat bagaimana produk smart CCTV kami cocok dengan sistem kamera pengawas bisnis Anda.

 

Sumber:

https://www.ais-now.com/blog/how-can-a-business-security-camera-system-protect-my-business

https://medium.com/@2020imaging2014/how-can-a-security-camera-system-improve-safety-and-productivity-in-a-business-environment-ce4e7a62baec

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam

Kirim Pesan
Reach Us
Halo Camarjaya, saya ingin menanyakan mengenai layanan yang tersedia di PT. CamarIndah JayaPerkasa