PT. Camar Indah Jaya Perkasa

sistem akses kontrol

9 Alasan Mengapa Perusahaan Memerlukan Sistem Access Control

Dalam perusahaan, keamanan merupakan prioritas utama yang harus diterapkan pada semua sektor. Ada banyak cara untuk dapat menerapkan keamanan pada perusahaan, salah satunya yang paling efektif adalah dengan memasang sistem access control. Sistem ini digunakan untuk membatasi dan memantau akses karyawan dan pengunjung ke area tertentu.

Namun, seringkali para pemilik bisnis tidak berpikir dua kali untuk menambahkan pengaturan kata sandi yang rumit atau menggunakan autentikasi multifaktor pada sistem komputer. Untuk meningkatkan sistem keamanan di tempat kerja Anda, teknologi access control akan sangat bermanfaat. Alasannya kenapa? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Sistem Access Control

Keamanan di tempat kerja merupakan pertimbangan penting bagi sebagian besar bisnis modern, baik itu upaya untuk mencegah kejahatan, melindungi data penting, hingga menciptakan lingkungan yang aman bagi staf dan pengunjung mereka.

Salah satu teknologi yang bisa kita manfaatkan untuk mendukung dan meningkatkan keamanan pada suatu gedung komersial adalah dengan menggunakan sistem akses kontrol.  Berikut ini beberapa manfaat jika tempat bisnis Anda menggunakan access control untuk sistem keamanan.

  1. Pencegahan Terkait Masalah Kunci

    Memberikan kunci fisik kepada karyawan tentu saja dapat menimbulkan beberapa masalah. Bisa saja karyawan tersebut kehilangan kunci atau justru malah terkunci di luar gedung. Hal ini membuat Anda harus mengeluarkan biaya untuk membuat kunci yang baru. Maka dari itu, access control system menawarkan solusi yang lebih aman dan efisien dengan membatasi akses ke area tertentu di tempat kerja. Dengan mengotomatiskan proses pemberian dan penolakan akses, bisnis dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi.

  2. Mengelola Manajemen Jadi Lebih Mudah

    Sistem keamanan melalui access control tidak hanya meningkatkan pengawasan tetapi juga membantu manajemen memudahkan dalam pengelolaan akses karyawan dan pengunjung. Selain itu, bisnis dapat dengan cepat dan mudah dalam memberikan atau menolak akses area tertentu dan membebaskan waktu karyawan sehingga mereka bisa fokus terhadap tugas yang lebih produktif.

  3. Mencegah Terjadinya Pencurian

    Pencurian juga sering terjadi di tempat kerja. Alih-alih mempekerjakan kepada karyawan yang paling dipercaya, selalu ada risiko kemungkinan mereka akan mencuri dari Anda. Dengan sistem kontrol akses, Anda dapat melacak keberadaan karyawan Anda, serta membantu Anda menentukan siapa yang berada di area tersebut dan kapan pencurian terjadi.

    Baca juga: Keunggulan Menggunakan Sistem Access Control Berbasis Cloud

  4. Keamanan Tingkat Lanjut

    Access control system membantu meningkatkan keamanan bisnis Anda dengan cara melacak siapa saja yang datang dan pergi dari tempat kerja. Dengan membatasi akses ke area tertentu, maka mencegah seseorang yang ingin mengakses area sensitif seperti ruang server lebih awal.

  5. Menciptakan Lingkungan yang Lebih Profesional

    Sistem ini dapat mencegah dapat menciptakan lingkungan bisnis yang lebih profesional. Dengan memiliki sistem modern yang mampu melacak siapa saja yang datang dan pergi, secara tidak langsung Anda menyampaikan pesan bahwa mereka serius tentang keamanan dan bersedia berinvestasi dalam teknologi keamanan terkini. Hal ini membantu memberikan ketenangan pikiran kepada pelanggan dan klien, karena mengetahui bahwa informasi mereka tersimpan dengan aman dan terlindungi.

  6. Memberi Kebebasan Kepada Karyawan

    Jika Anda saat ini bekerja di dalam sebuah gedung tinggi, pastinya Anda bisa masuk dan keluar dengan bebas. Apa yang Anda lakukan itu merupakan bagian dari sistem access control yang memudahkan Anda keluar masuk tanpa harus menunggu seseorang membuka kunci pintu.

  7. Memberi Perlindungan Kepada Karyawan

    Salah satu cara melindungi karyawan di tempat kerja adalah dengan sistem akses kontrol yang terintegrasi. Anda dapat melindunginya dari pengunjung yang tidak diinginkan dan hanya yang memiliki kredensial aktif yang bisa memasuki gedung. Hal ini akan membuat karyawan Anda merasa tenang dan aman karena mengetahui bahwa setiap orang di bisnis Anda memiliki wewenang.

  8. Memudahkan Orientasi dan Pemberhentian Karyawan

    Seperti yang kita tahu bahwa karyawan banyak yang datang dan pergi. Situasi ini tentu saja membuat kerepotan pihak personalia dalam mengganti kunci dan membatasi area tertentu di tempat kerja. Sistem ini akan memudahkan untuk memberikan dan mencabut akses dengan cepat, sehingga proses pendaftaran dan penghentian jadi lebih mudah.

  9. Hemat Biaya

    Ada dua cara efektif untuk mempertahankan kendali atas titik akses Anda, yaitu menggunakan sistem modern canggih yang membutuhkan pengaturan awal lalu secara efektif mengurus sendiri setelahnya atau membayar orang untuk duduk di setiap lokasi dan mempersilakan orang masuk maupun keluar sesuai keperluan.

    Meskipun akan ada biaya awal untuk penyediaan dan pemasangan sistem kontrol akses, serta pemeliharaan rutin untuk menjaganya agar tetap berfungsi, tetapi dalam jangka panjang hal itu mungkin tidak berarti apa-apa jika dibandingkan dengan biaya membayar orang untuk melakukan pekerjaan yang sama.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Access Control, Dari Definisi hingga Fungsinya

Jika Anda menginginkan cara efektif namun untuk memantau karyawan Anda, maka access control dapat memberikan informasi yang berguna tentang apa yang mereka lakukan pada saat yang sama ketika Anda mencegah orang memasuki area terlarang. Camarjaya dapat membantu bisnis Anda lebih aman dengan menggunakan teknologi sistem access control kami yang lebih canggih termasuk dalam mengelola absensi karyawan.

Keamanan Anda prioritas kami. Konsultasikan segera dengan tim kami sekarang juga dengan klik disini. Gratis!

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam