PT. Camar Indah Jaya Perkasa

apa itu cctv wireless

Kelebihan dan Kekurangan CCTV Wireless: Apakah Worth It?

CCTV Wireless, atau Closed Circuit Television Wireless (CCTV Tanpa Kabel), telah menjadi pilihan yang sangat populer dalam sistem keamanan modern. Dengan kemajuan teknologi, kamera CCTV wireless muncul sebagai alternatif yang lebih praktis dan efisien dibandingkan dengan sistem kabel tradisional.

Namun, seperti halnya teknologi apa pun, ada kelebihan dan kekurangan CCTV wireless yang perlu Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya. Oleh karena itu, dalam artikel ini, Anda diajak untuk membahas lebih rinci tentang apa saja yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari teknologi CCTV satu ini.

Pengertian CCTV Wireless

Sebelum kita membahas kamera pengawas wireless atau Wi-Fi, pastikan kita memiliki pemahaman yang sama. Pada dasarnya, ada tiga teknologi wireless atau nirkabel yang seringkali digunakan pada kamera, yaitu radio, Wi-Fi, dan teknologi sinar garis pandang titik-ke-titik.

Kamera frekuensi radio mengirimkan video analog melalui sinyal radio. Kamera ini pada dasarnya adalah versi video dari walkie-talkie, yang memiliki kualitas sama seperti telepon seluler tahun 1990-an. Teknologi ini tidak direkomendasikan untuk digunakan dalam sistem keamanan karena memang tidak berfungsi untuk itu.

Selain resolusinya rendah, koneksinya juga terlalu rentan terhadap gangguan statis. Konsumen yang cerdas tentu tidak akan mempertimbangkan kamera keamanan berbasis radio sebagai pilihan.

Sementara kamera pengawas wireless merupakan perangkat serbaguna yang memudahkan secara operasionalnya. Sayangnya, teknologi ini membutuhkan perawatan yang tinggi karena mengkonsumsi daya baterai. Selain itu CCTV nirkabel ini juga memiliki opsi penyimpanan lokal terbatas dan mengharuskannya terhubung ke internet. Meski begitu, dari sisi penggunaan, teknologi wireless lebih mudah diatur dan dikendalikan.

Baca juga: Kenali Fitur Smart CCTV Camera dan Fungsinya

Kelebihan dan Kekurangan CCTV Wireless

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa CCTV wireless memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan tersendiri yang harus Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Apa saja itu? Simak poin-poinnya berikut ini.

Kelebihan

Salah satu kelebihan dari kamera keamanan wireless ini terletak pada proses pemasangan dan kemudahan dalam penggunaannya.

  1. Instalasi Mudah. Salah satu kelebihan utama CCTV wireless adalah kemudahan dalam proses instalasinya. Proses pemasangannya tidak membutuhkan kabel yang rumit, karena Anda dapat menginstalnya dengan cepat dan mudah di banyak lokasi, serta tidak perlu berada di dekat stopkontak. Anda bisa memasangnya di tempat paling strategis sesuai kebutuhan dan tujuan pengawasan Anda.
  2. Mobilitas Tinggi. CCTV wireless memungkinkan Anda untuk memindahkan kamera ke tempat lain dengan mudah tanpa harus menyesuaikan ulang kabel-kabel yang ada. Hal ini sangat berguna jika Anda ingin mengubah posisi kamera secara berkala dan lebih cepat.
  3. Fleksibilitas. Kamera pengawas wireless memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam memilih lokasi pemasangan kamera. Anda dapat memasangnya di tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh kabel, seperti atap atau sudut-sudut ruangan.

Baca juga: Selain Aman, Ini Alasan Kenapa Anda Harus Memasang CCTV di Rumah

Kekurangan CCTV Wireless

Meski memiliki keunggulan yang memudahkan penggunaannya, ada beberapa kekurangan yang sebenarnya cukup bikin konsumen mempertimbangkan kembali memilih CCTV ini.

  1. Keterbatasan Jarak. CCTV dengan teknologi wireless memiliki jangkauan yang lebih terbatas dibandingkan dengan sistem kabel. Jaraknya seringkali tergantung pada kondisi lingkungan dan hambatan seperti dinding, bangunan, atau gangguan yang lainnya.
  2. Gangguan Sinyal. Karena menggunakan teknologi wireless, CCTV ini rentan terhadap gangguan sinyal dari perangkat elektronik lainnya, seperti router Wi-Fi atau ponsel. Hal ini dapat mengganggu kualitas gambar atau bahkan menyebabkan kehilangan sinyal sementara ketika terdapat masalah.
  3. Keamanan Siber. Sistem CCTV wireless cukup rentan terhadap risiko keamanan seperti peretasan atau penyadapan data karena banyak kamera kelas prosumer tidak dilengkapi fitur enkripsi. Kemudian untuk proses pengiriman data ke perangkat yang sah harus terhubung ke internet, yang membuat perangkat lebih rentan terhadap serangan siber. Hal ini dapat membahayakan keamanan sistem Anda jika tidak tersedia infrastruktur keamanan yang baik.
  4. Pemadaman Listrik. Perangkat apa pun yang tidak terhubung ke sumber daya eksternal akan lebih rentan kehilangan daya. Banyak kamera keamanan bertenaga baterai tidak ditujukan untuk perekaman berkelanjutan, dan masa pakai baterai kamera bervariasi tergantung pada penggunaannya. Faktor lingkungan seperti suhu dan pencahayaan juga turut berperan, karena cuaca dingin dapat mengakibatkan daya rendah dan lingkungan dengan cahaya redup mengharuskan sensor inframerah bekerja lebih keras.

Dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan CCTV wireless, Anda dapat membuat keputusan yang tepat untuk kebutuhan keamanan di lingkungan Anda. Untuk mempermudah Anda dalam mencari kamera CCTV, PT Camar Jaya Indah Perkasa dengan senang hati membantu Anda memberikan penawaran terbaik kami.

Anda bisa melihat langsung ke katalog produk CCTV kami untuk melihat berbagai produk terbaik dari brand ternama, seperti Anviz, Hikvision, Honeywell, dan lain sebagainya dengan harga kompetitif. Jangan ragu untuk mengkonsultasikan segala kebutuhan Anda terkait  sistem keamanan dengan tim ahli kami.

Karena keamanan Anda jadi prioritas kami, hubungi segera disini untuk berdiskusi soal kamera CCTV wireless apa yang cocok sesuai kebutuhan Anda, gratis tanpa dipungut biaya.

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam

Kirim Pesan
Reach Us
Halo Camarjaya, saya ingin menanyakan mengenai layanan yang tersedia di PT. CamarIndah JayaPerkasa