PT. Camar Indah Jaya Perkasa

memasang cctv di rumah

7 Alasan Pentingnya Memasang CCTV di Rumah Anda

Perlukah kita berinvestasi pada keamanan rumah? Jawabannya tergantung pilihan Anda. Jika Anda memiliki aset berharga, maka sangat disarankan untuk memasang CCTV di rumah.

Sistem ini tidak hanya mencegah kejahatan, tetapi juga memberikan ketenangan pikiran Anda. CCTV atau kamera pengawas membantu meningkatkan keamanan rumah Anda dan melindungi keluarga dari situasi tak terduga.

Apalagi saat ini kamera CCTV sudah semakin canggih dengan fitur-fitur terbarunya. Bagi sebagian orang memasang CCTV sangat penting. Jika Anda masih belum yakin, artikel ini akan menjelaskan pentingnya CCTV untuk rumah Anda.

Mengapa Harus Memasang CCTV di Rumah?

Jika Anda bertanya-tanya apakah memasang kamera keamanan di rumah merupakan ide yang bagus, maka Anda harus mencobanya sendiri.

Dari kegunaannya, sistem keamanan CCTV dapat mencegah dan membantu mencegah potensi terjadinya kejahatan. Sistemnya bekerja melalui pemantauan secara real time, transmisi jarak jauh, dan perekaman video.

Ada banyak cara mencegah kejahatan, termasuk menjaga rumah Anda tetap terang di malam hari, mengamankan pintu dan jendela dengan kunci, serta menjadwalkan lampu untuk menyala dan mati saat Anda pergi keluar kota agar rumah terlihat berpenghuni.

Namun, jika seseorang berusaha membobol rumah Anda, maka CCTV dan sistem keamanan rumah jadi satu-satunya pertahanan yang tersisa untuk menghentikan atau menangkap penjahat.

Di sisi lain, alasan lain untuk memasang kamera CCTV di rumah mungkin karena alasan pribadi, seperti mengawasi hewan peliharaan Anda saat Anda pergi atau jika terjadi kecelakaan di rumah Anda.

CCTV juga dapat membantu Anda memantau aset berharga jika terjadi bencana, kebakaran, atau banjir yang mengharuskan Anda mengungsi. Dalam situasi ini, CCTV berperan sebagai barang bukti untuk keperluan asuransi.

Keuntungan Memasang CCTV

Ada banyak keuntungan dari pemasangan kamera CCTV di area rumah Anda yang perlu dipertimbangkan.

1. Cegah Kejahatan

Kamera CCTV tidak hanya mengumpulkan data yang mungkin berguna jika terjadi kejahatan, tetapi juga dapat mencegah kejahatan lebih awal. Apalagi saat ini sudah banyak kamera keamanan yang dilengkapi dengan fitur alarm, sehingga tentu akan sangat membantu.

2. Perlindungan Terhadap Aset Berharga

Di dalam rumah Anda pastinya banyak terdapat aset-aset berharga yang ingin dilindungi, seperti kendaraan bermotor, perhiasan, dan barang-barang elektronik. Berinvestasi dalam CCTV dapat membantu dalam melakukan pengawasan dan melindunginya dari kerusakan atau pencurian.

3. Pemantauan Jarak Jauh

Kamera CCTV saat ini sudah lebih modern karena bisa terhubung ke perangkat ke aplikasi atau perangkat seluler. Anda dapat mengaksesnya dari mana saja setiap saat, sehingga akan memberikan rasa tenang saat Anda tidak berada di rumah, sedang di kantor atau bahkan saat berlibur..

4. Menjadikan Rumah Lebih Aman

Keamanan dan kenyamanan tentu menjadi prioritas Anda saat membeli rumah, bukan? Selain mempercayakan keamanan kepada petugas keamanan, sistem CCTV juga dapat membuat rumah Anda menjadi tempat yang lebih aman bagi orang di sekitar dan juga keluarga Anda.

5. Rekaman CCTV Sebagai Barang Bukti

Jika kemungkinan terburuknya adalah sampai terjadi tindak kejahatan dan tak dapat dihindari, setidaknya terdapat rekaman video dari CCTV yang telah disimpan sebelumnya.

Rekaman tersebut dapat dijadikan barang bukti dan faktor pendukung untuk memudahkan proses tindak lanjut oleh pihak keamanan yang berwenang seperti polisi ataupun petugas lainnya agar kasus kejahatan tersebut dapat ditangani dengan baik.

6. Terintegrasi dengan Sistem Keamanan Lainnya

CCTV dapat diintegrasikan dengan sistem keamanan lainnya seperti access control, alarm keamanan dan lain lain. Hal ini jadi nilai tambah untuk dapat memantau setiap aktivitas yang mencurigakan agar lebih mudah dideteksi, karena terdapat notifikasi dari sistem keamanan yang diintegrasikan dengan CCTV.

7. Tidak Butuh Banyak Perawatan

Anda dapat mengandalkan sistem keamanan untuk memantau dan melindungi properti untuk jangka panjang. Sementara untuk perawatannya Anda cukup menghubungi tim Camarjaya dan kami akan segera memeriksa sistem keamanan Anda agar dapat memastikan berfungsi dengan baik.

Baca juga: 5 Jenis Resolusi CCTV yang Harus Anda Tahu

Komponen yang Harus Dimiliki Sistem Keamanan Rumah

Jika Anda memutuskan untuk memasang CCTV di rumah, maka ada beberapa komponen yang harus dimiliki sistem keamanan untuk rumah. Diantaranya adalah:

  • Panic buttons
  • Bright lighting
  • Locks and bolts
  • Broken glass detectors
  • Wired Screens that set off alarms if cut or removed
  • Monitored smoke and fire detectors
  • Heat detectors, or smart thermostats
  • Medical alerts
  • Carbon monoxide detectors

Tips Memasang CCTV di Rumah

Banyak orang menganggap bahwa pemasangan CCTV sebagai jaringan kabel tidak harus membentang dari dinding sampai ke langit-langit. Namun, pada kenyataan bukan seperti itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Pemakaian Kabel yang Tepat

Kualitas gambar yang dihasilkan oleh CCTV sangat ditentukan oleh jenis kabel yang digunakan untuk dapat mengirimkan sinyal. Biasanya pemasangan kamera keamanan menggunakan kabel koaksial yang dirancang khusus untuk mengirim sinyal frekuensi dengan distorsi minimum atau tanpa distorsi.

Akan tetapi pemilihan kabel ini juga harus dilakukan secara akurat. Jika tidak, dapat menyebabkan tingkat kebisingan yang cukup mengganggu, sehingga kualitas gambar yang dihasilkan jadi buruk.

Selain itu, Anda perlu memahami parameternya dan memilih salah satu yang memenuhi spesifikasi transmisi CCTV di rumah Anda.

2. Lokasi Pemasangan

Mengetahui “hotpoint” atau titik area pemasangan CCTV juga perlu Anda perhatikan. Ada beberapa tempat yang tidak boleh dilewatkan oleh kamera, yaitu:

  • Pintu depan: Area ini seringkali jadi tempat pencuri memasuki rumah dan Anda harus melindungi kamera ini agar tidak dirusak pencuri. Anda bisa menempatkannya di tempat yang agak tersembunyi atau di atap rumah.
  • Pintu belakang: Kamera juga harus ada di pintu ini dan memastikan semua titik masuk Anda memiliki kamera pengintai. Namun, kamera tersebut harus berada di luar jangkauan manusia atau terlindungi.
  • Jendela luar: Selain melalui pintu, pencuri biasanya juga masuk melalui jendela luar, sehingga mereka dapat bersembunyi dan mengulur waktu. Anda harus menaruh satu kamera pengawas disini.

3. Menentukan Lokasi Pemantauan dan DVR

Posisi pemantauan harus bisa diakses sehingga Anda bisa melihat apa yang terjadi. Sementara DVR harus disembunyikan agar tidak dicuri untuk menghapus aktivitas yang terekam.

Anda dapat menyembunyikannya di lemari, di dinding, atau di langit-langit. Ada cara yang lebih cerdas, yaitu menggunakan DVR dan pemantauan palsu lalu menyembunyikan DVR yang asli.

Selain itu, pastikan juga bahwa tegangan DC yang tersedia di rumah Anda cukup untuk menyalakan DVR, monitor, dan CCTV 24/7. Untuk langkah-langkah lainnya Anda bisa dapatkan di buku panduan yang disediakan oleh dealer CCTV.

Baca juga: Kamera CCTV: Jenis dan Fungsinya

Jika Anda tidak ingin ribet memasang CCTV di rumah Anda sendiri, bisa menghubungi tim sales Camarjaya untuk proses pemasangannya. Kami merupakan spesialis dalam melayani jasa pemasangan CCTV, instalasi CCTV, setting CCTV, hingga perawatan kamera CCTV.Proses pemasangan dikerjakan oleh teknisi profesional yang telah berpengalaman sesuai dengan Standar Operasional Prosedur untuk jaminan keamanan rumah, kantor, dan properti lainnya. Langsung klik disini untuk informasi selengkapnya dan konsultasi secara gratis.

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam