PT. Camar Indah Jaya Perkasa

sistem smart lock door

Semua yang Harus Anda Ketahui Tentang Smart Lock Door

Smart lock door merupakan solusi mudah untuk beberapa masalah umum, seperti terkunci di luar, kehilangan kunci fisik, atau salah satu anggota keluarga lupa mengunci pintu. Dengan teknologi kunci pintar, semua masalah tersebut dapat teratasi. Teknologi ini memberi kendali jarak jauh untuk pintu rumah Anda dari mana saja tanpa kunci fisik untuk membukanya.

Umumnya teknologi ini sudah banyak dipakai di lingkup bisnis seperti perhotelan, perkantoran, hingga rumah mewah yang menginginkan keamanan ekstra. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, ada baiknya untuk mengetahui tentang smart lock yang akan dibahas dalam artikel ini.

Apa Itu Smart Lock Door?

Smart lock door adalah perangkat keamanan pintu canggih yang tidak membutuhkan kunci fisik untuk membuka atau mengunci pintu. Teknologi yang digunakan di dalamnya sudah sangat modern seperti menggunakan Internet of Things (IoT) dan sistem access control, sehingga menawarkan kenyamanan dan keamanan tambahan yang dapat dihubungkan ke berbagai layanan dan sistem keamanan.

Selain itu, teknologi smart lock ini dapat diintegrasikan dengan berbagai perangkat lain di rumah atau bisnis. Anda dapat mengontrol akses pintu dengan berbagai cara, seperti penggunaan nomor PIN, kata sandi, kartu akses, sidik jari, pengenalan wajah, hingga QR Detection.

Namun, ada beberapa model yang masih terdapat kunci pintu tradisional sebagai alternatif jika terjadi error pada sistemnya. Keunggulan lainnya adalah kemampuan sistemnya yang dapat merekam informasi saat seseorang membuka atau mengunci pintu, melacak siapa yang masuk atau keluar, dan melaporkan jika kunci atau pintu rusak.

Cara Kerja Smart Lock?

Fungsi utama smart lock door adalah sebagai perangkat kontrol akses. Hal ini memungkinkan pengguna memberikan akses kepada orang tertentu untuk membuka pintu dan merekam data saat seseorang membuka atau mengunci pintu. Dengan begitu pengguna dapat mengetahui siapa yang masuk atau keluar dari rumah atau kantor mereka. Smart lock juga memberikan notifikasi jika ada aktivitas yang mencurigakan atau ada percobaan yang gagal untuk membuka pintu.

Keuntungan menggunakan teknologi kunci pintar ini adalah penggunaan metode autentikasi yang lebih aman. Hal ini memberikan kenyamanan bagi pengguna karena mereka tidak perlu membawa kunci fisik atau khawatir kehilangan kunci. Selain itu, dapat diintegrasikan dengan sistem keamanan lainnya, seperti alarm atau kamera pengawas, untuk memberikan tingkat perlindungan tambahan.

Apa Saja Fungsi Smart Lock?

Smart lock door memiliki beberapa fungsi yang berguna dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna. Adapun fungsi utama dari teknologi kunci pintar diantaranya sebagai berikut.

  1. Access Control

    Teknologi perangkat ini memungkinkan pengguna untuk memberikan kendali siapa yang dapat membuka pintu. Anda dapat memberikan akses kepada orang-orang tertentu, seperti anggota keluarga atau petugas khusus, dengan memberikan kode, kartu akses, atau metode lainnya.

  2. Rekaman Data

    Smart lock dapat merekam siapa yang membuka atau mengunci pintu dan kapan kejadian tersebut terjadi. Fungsi ini sangat penting untuk dapat mengetahui informasi tentang kehadiran orang di suatu tempat yang berguna bagi kebutuhan keamanan atau pemantauan.

  3. Integrasi Dengan Sistem Keamanan

    Teknologi smart lock dapat terhubung ke sistem keamanan lainnya untuk tingkat keamanan yang lebih lanjut secara keseluruhan. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan kamera pengawas saat pintu dibuka atau mengaktifkan alarm jika pintu dirusak.

  4. Kemudahan Penggunaan

    Sistem smart lock menghilangkan kebutuhan akan kunci fisik, yang membuatnya lebih mudah digunakan. Dengan menggunakan metode yang telah diprogram sebelumnya, seperti sidik jari, kode, atau pengenalan wajah, beberapa perangkat keamanan ini tersedia sebagai alternatif untuk kunci pintu konvensional.

  5. Keamanan Tambahan

    Sistem kunci pintar ini menawarkan keamanan tambahan berupa fitur seperti notifikasi saat pintu dibuka atau dirusak secara sengaja dan penguncian secara otomatis setelah waktu tertentu. Hal ini bertujuan agar dapat mencegah akses yang tidak sah atau kehilangan kunci.

Baca juga: Keunggulan Menggunakan Access Control Berbasis Cloud

Jenis-Jenis Smart Lock

Ada dua jenis smart lock door yang tersedia di pasaran saat ini, yaitu model yang dipasang pada silinder dan model yang menggantikan silinder secara keseluruhan. Pemasangan kuncinya pun cukup mudah hanya dalam waktu 5 menit saja sudah bisa terpasang. Kedua jenis kunci pintar tersebut menggunakan teknologi smart house atau sidik jari.

Sementara untuk komunikasi antara smart lock dan aplikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya melalui bluetooth atau Wi-Fi, otomatisasi rumah Z-wave, atau NFC. Semuanya itu menggunakan teknologi nirkabel dan pastinya hemat energi. Beberapa kunci pintar dapat dibuka dari jarak jauh menggunakan Wi-Fi. Hal ini sangat berguna jika Anda menyewa rumah, atau jika petugas kebersihan datang saat Anda sedang tidak dirumah.

Seberapa Amankah Smart Lock System?

Secara umum, teknologi kunci pintar ini bisa dibilang jauh lebih aman daripada kunci “normal”. Alasannya membobol kunci pintar lebih sulit daripada membobol kunci dengan lubang. Namun, cara Anda menyimpan kunci sama seperti kunci lainnya dan Anda harus menggunakannya sendiri dengan aman. Jangan berikan kode akses kepada setiap orang yang berkunjung. Sistemnya juga berguna untuk melacak sendiri siapa saja yang memiliki akses.

Lalu jika ditanya seberapa amankah produk smart lock door Camarjaya? Kami memiliki beberapa produk kunci pintar dari brand-brand ternama yang sudah pasti andal dan jadi kunci yang paling aman. Misalnya Senus smart lock yang dapat dipasang pada perangkat keras dengan perlindungan tarikan inti, penghalang anti-bocor, dan penguncian multi-titik. Selain itu, produk kunci pintar kami memiliki ketahanan yang baik terhadap pencurian.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Bisnis Anda Butuh Sistem Access Control

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Smart Lock

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memilih smart lock system. Sebab, tiap perangkat memiliki fitur dan kelebihannya masing-masing.

  1. Integrasikan dengan Perangkat Pintar Lainnya

    Kenyamanan juga harus jadi prioritas Anda. Apakah Anda memiliki banyak perangkat pintar atau bahkan sistem smart house di rumah Anda? Maka, ada baiknya Anda melihat kunci mana yang dapat integrasikan terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda tidak hanya membuat kunci pintu menjadi pintar, tetapi juga seluruh rumah atau kantor Anda.

  2. Pilih Ukuran yang Tepat

    Ukuran perangkat smart lock juga harus disesuaikan dengan pintu Anda. Untuk mendapatkan ukuran yang tepat, Anda perlu mengukur terlebih dahulu dimensi dalam (dalam ruangan) dan luar (luar ruangan) kunci Anda saat ini. Ukur dari lubang tempat sekrup pengunci masuknya dan temukan model yang cocok untuk pintu Anda.

  3. Integrasi Dengan Sistem Keamanan

    Teknologi kunci pintar dapat terhubung ke sistem keamanan lainnya untuk tingkat keamanan yang lebih lanjut secara keseluruhan. Misalnya, Anda dapat mengaktifkan kamera pengawas saat pintu dibuka atau mengaktifkan alarm jika pintu dirusak. Tentukan apakah Anda membutuhkan kunci pintar dan produk lain yang ingin dipasang. Misalnya, Anda ingin membuka kunci menggunakan sistem kartu dan biometrik, maka Anda memerlukan pemindai sidik jari serta kartu RFID. Senus F1 Smart Lock adalah salah satu solusi lengkap untuk kebutuhan tersebut.

Jadi, dapatkah Anda membayangkan hidup tanpa repotnya kunci? Adanya teknologi smart lock door dapat membantu hidup Anda menjadi lebih praktis dan aman.

Ada pertanyaan lain seputar smart lock system atau butuh bantuan pemasangannya? Kami akan dengan senang hati membantu. Klik disini untuk info lebih lanjut.

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam

Kirim Pesan
Reach Us
Halo Camarjaya, saya ingin menanyakan mengenai layanan yang tersedia di PT. CamarIndah JayaPerkasa