PT. Camar Indah Jaya Perkasa

fitur-fitur kamera smart cctv

Mengenal Fitur Smart CCTV Camera dan Fungsinya

Saat ini kebutuhan akan sistem keamanan yang komprehensif semakin meningkat, baik itu untuk keamanan gedung maupun di tempat-tempat umum. Kamera CCTV seringkali jadi pilihan terbaik, yang kini sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru. Untuk itulah smart CCTV camera hadir dengan tambahan fitur yang lebih canggih untuk meningkatkan keamanan lingkungan Anda.

Perangkat inovatif ini menawarkan lebih dari sekedar kemampuan merekam, serangkaian fitur canggihnya meningkatkan keamanan properti ke tingkat yang lebih tinggi. Smart CCTV ini memberi jaminan bahwa tempat tinggal atau bisnis Anda terlindungi dan aman dari orang-orang yang berniat jahat bahkan keselamatan bencana. Jadi, bisa dikatakan perangkat ini adalah CCTV wireless yang memiliki fungsi tambahan yang dapat membantu Anda memantau keadaan rumah bahkan saat Anda di luar kota sekalipun.

Panduan komprehensif ini akan menjelaskan apa itu smart CCTV beserta fitur-fiturnya untuk membantu Anda dalam membuat keputusan terkait kebutuhan keamanan di properti Anda. Simak langsung ulasannya di bawah ini.

Apa itu Smart CCTV Camera?

Jika sebelumnya CCTV hanya digunakan merekam aktivitas atau kejadian di sebuah bangunan, kini seiring berkembangnya teknologi peran kamera pengawas bisa lebih ditingkatkan. Disebut smart karena salah satunya sekarang bisa mengirimkan video live ke smartphone atau cloud storage melalui jaringan Wi-Fi, sehingga Anda dapat melihat rekaman atau mengatur kamera dengan mudah melalui aplikasi yang terpasang di ponsel.

Jenis kamera CCTV pintar ini biasanya disebut juga IP camera karena untuk mengoperasikannya dibutuhkan jaringan internet yang memadai. Walaupun kamera pengawas ini tergolong baru, tetapi sudah banyak masyarakat yang menggunakannya. Hal ini dikarenakan fitur pintar di dalamnya yang membuat fungsinya jadi lebih fleksibel dan canggih. Misalnya seperti face recognition atau pengenalan wajah, menghitung jumlah keluar masuk orang yang terdeteksi di kamera CCTV (visitor management), bahkan kemampuan mendeteksi adanya asap atau kebakaran.

Dari segi pemasangannya pun mudah dan sudah bisa langsung digunakan setelah memasang aplikasinya. Anda cukup mengikuti instruksi yang diberikan. Untuk mendukung penggunaan kamera CCTV ini secara maksimal, Anda harus meletakkan kamera di tempat yang strategis agar tidak ada titik buta yang bisa dimanfaatkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Kenali Lebih Dalam Apa Itu Kamera CCTV dan Jenisnya

Fungsi Smart CCTV

Penggunaan CCTV analog saat ini sudah kurang efisien dalam meningkatkan sistem keamanan di perumahan maupun lingkungan bisnis. Sebab, smart CCTV adalah alat yang menawarkan kemampuan jauh lebih menarik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem pengawasan. Selain itu, kamera CCTV pintar ini juga memiliki beberapa tambahan fungsi seperti poin-poin berikut ini.

1. Memperkuat Sistem keamanan

CCTV pintar mampu merekam secara real time dan memberikan peringatan dini untuk aktivitas mencurigakan, sehingga membantu membuat properti Anda jauh lebih aman. Dengan teknologinya yang tinggi, Anda akan mendapatkan sistem keamanan berlapis yang akan membuat Anda lebih tenang saat tidak berada di rumah. Kamera pengawas ini tentunya akan lebih efisien untuk bisnis karena kemampuannya dalam memperketat keamanan dan kinerja perusahaan jadi lebih baik berkat sistem canggih di dalamnya. 

2. Pemantauan Jarak Jauh

Salah satu fungsi canggih yang dihadirkan kamera pengawas ini adalah kemampuan mengakses dari mana saja untuk memudahkan Anda mengawasi rumah, kantor, atau properti melalui smartphone atau tablet. Hal ini bisa memberikan ketenangan pikiran saat berada jauh dari tempat tersebut.

3. Merekam Bukti tindak kejahatan

Rekaman berkualitas tinggi dari kamera pengawas pintar dapat menjadi barang bukti penting jika terjadi tindak kejahatan atau peristiwa lainnya yang mengancam keamanan dan keselamatan. Kamera pengawas pintar ini mampu menghasilkan kualitas gambar yang tajam dan tentu saja mempermudah pihak berwajib dalam menyelidiki tempat kejadian.

4. Mencegah Terjadinya Kecelakaan

Saat ini smart CCTV hadir dengan beragam fitur canggih yang dapat meminimalisir terjadinya insiden kecelakaan. Produk-produk yang ditawarkan oleh Camarjaya sudah dilengkapi dengan teknologi artificial intelligent (AI) yang tak hanya mampu memberikan peringatan ketika terjadi pergerakan yang memicu kecelakaan, tetapi juga mendeteksi adanya asap atau api dengan segera. Produk CCTV pintar ini sangat cocok untuk dipasang di fasilitas umum, komplek perumahan, pabrik, pergudangan, dan tempat lainnya.

5. Hemat Biaya

Smart CCTV bisa jadi solusi keamanan yang lebih terjangkau dari sisi harga. Selain pemasangannya yang mudah, perawatan kameranya pun minimal, dan tidak membutuhkan kabel atau perangkat tambahan yang rumit.

Fitur Smart CCTV Camera

Seperti yang sudah disebutkan bahwa smart CCTV ini hadir dengan berbagai fitur canggih yang salah satunya dapat memantau dan menganalisis situasi dengan lebih cerdas. Fitur-fitur ini memberikan Anda kendali penuh atas keamanan dan membantu pihak keamanan mengambil keputusan pada situasi tertentu. Apa saja fitur-fitur yang dihadirkan? Berikut ulasannya.

1. People Counting

Fitur people counting ini menawarkan kemudahan dalam pengawasan di tempat-tempat yang banyak dilalui banyak orang. Dengan fitur ini dapat menghitung jumlah orang yang masuk dan keluar dari suatu area terpantau kamera pengawas. Tak hanya berupa angka, hasil penghitungannya dapat ditampilkan juga dalam bentuk grafik untuk memudahkan pihak keamanan dalam memantau tren keramaian.

2. Demographic Analysis

Fitur berikutnya adalah demographic analysis, yang bisa digunakan untuk mengenali dan menganalisis lebih detail orang-orang yang terekam kamera. Berbagai informasi, seperti jenis kelamin, warna pakaian, aksesori, hingga sepatu yang dipakai dapat diidentifikasi dengan mudah.

3. Face Recognition

Kemampuan pengenalan wajah jadi salah satu keunggulan utama smart CCTV. Berbeda dengan CCTV analog, CCTV yang didukung teknologi AI ini dapat membedakan antara orang asing dan orang yang sudah dikenal. Anda bisa memasukkan wajah keluarga, teman, atau orang lain yang sering berkunjung ke dalam database kamera. 

Dengan begitu, Anda hanya akan menerima peringatan ketika kamera mendeteksi wajah orang asing yang mencurigakan. Tak perlu khawatir terganggu oleh notifikasi yang tidak penting karena sistem CCTV ini dapat diatur untuk mengenali wajah orang terdekat Anda, termasuk hewan peliharaan.

Keunggulan lainnya dari fitur ini juga dapat diterapkan di area dengan mobilitas tinggi, seperti gedung perkantoran untuk absensi. Nantinya wajah karyawan yang terekam kamera akan dibandingkan dengan database yang ada sehingga kehadiran dapat dicatat secara otomatis tanpa perlu kartu identitas.

4. Crowd Gathering

Smart CCTV dengan fitur crowd gathering atau deteksi keramaian memiliki kemampuan dalam menghitung jumlah orang secara real time dan memantau kapasitas maksimum yang aman untuk suatu area. Selain itu, Anda bisa mengatur batas kepadatan yang diizinkan dan kamera akan memicu alarm jika melampaui batas yang sudah ditentukan.   

5. Tracking

Fitur pelacakan atau tracking ini memudahkan dalam mencari seseorang di area yang luas. Sistem ini bekerja dengan menghubungkan CCTV ke perangkat khusus bertenaga AI. Teknologi tersebut akan menganalisis rekaman kamera untuk mencari keberadaan orang yang Anda cari berdasarkan ciri-ciri yang ditentukan. 

Misalnya, Anda mencari orang dengan ciri-ciri baju berwarna merah atau orang yang terakhir terlihat di dekat pintu masuk. Dengan kecerdasan buatan, kamera akan mencari rekaman yang sesuai dan mempersempit pencarian sehingga Anda dapat menemukan lokasi orang tersebut dengan cepat dan efisien.

Baca juga: Mengenal Teknologi CCTV Face Recognition dan Aplikasinya

Smart CCTV dan AI Box Xenus Pilihan yang Tepat

Selain fitur pengenalan wajah, Camarjaya juga menghadirkan kamera CCTV pintar dengan teknologi terbaru yang mampu mendeteksi kebakaran. Ya, AI PYROTECHNIC XENUS CAMERA ini mengadopsi algoritma pengenalan asap dan api yang dikembangkan sendiri berdasarkan teknologi kecerdasan buatan, dikombinasikan dengan fitur pencitraan optik api dan asap. serta gambar beresolusi tinggi. Selain itu kamera pengawas ini memiliki karakteristik jarak pengenalan yang jauh, kemampuan anti-interferensi yang kuat, dan akurasi pengenalan yang tinggi.

Adapun beberapa fitur utama dari kamera pengawas AI ini adalah:

  • Deteksi asap dan api: Dapat mendeteksi berbagai jenis api dan asap, termasuk asap putih, abu-abu, hitam, kuning, dll.
  • Respon cepat: Dalam berbagai kondisi, kamera dapat merespon dalam hitungan, dengan waktu respons rata-rata kurang dari 3 detik.
  • Anti-interferensi: Mampu menyaring gangguan lingkungan sekitar seperti sinar matahari, pencahayaan kompleks, dan lampu peringatan bahaya kendaraan bermotor.
  • Penyimpanan lokal: Mendukung penyimpanan lokal hingga 256GB.
  • Konektivitas: Mendukung koneksi ke sensor lain seperti sensor asap, komunikasi suara dua arah, siaran suara alarm, serta input dan output alarm.

Fiturnya tersebut membuat kamera ini dapat mengenali tanda-tanda kebakaran seperti asap dan api yang sangat akurat. Keunggulan lain dari kamera pengawas ini adalah kemampuannya bekerja dalam berbagai kondisi lingkungan dan merespon dengan sangat cepat.

Setelah Anda mengetahui apa itu smart CCTV camera, tentunya kamera pengawas pintar dari Xenus menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan keamanan dan mengoptimalkan kinerja bisnis. Selain kamera pendeteksi api, Camarjaya juga memiliki smart CCTV face recognition berteknologi AI berkualitas dengan layanan terbaik. Anda juga bisa mendapatkan keseluruhan fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas dalam satu perangkat dengan menggunakan AI box dari kami.

Jika Anda membutuhkan semua fitur tersebut, Anda bisa menggabungkan kamera CCTV-nya dengan AI box untuk mendapatkan sistem keamanan yang komprehensif dan andal.

Kami juga menyediakan berbagai jenis Sistem CCTV, mulai dari indoor hingga outdoor yang dapat membantu Anda mengamankan properti dengan maksimal. Kunjungi kami disini untuk mengkonsultasikan kebutuhan sistem keamanan Anda dengan tim ahli, gratis.

Bagikan artikel ini ke:

Dapatkan Dukungan

Ada Pertanyaan? Yuk, Hubungi Kami!

*Customer service tersedia selama 24 jam

Kirim Pesan
Reach Us
Halo Camarjaya, saya ingin menanyakan mengenai layanan yang tersedia di PT. CamarIndah JayaPerkasa